Kunjungi Sentra IKM Pengolahan Pisang Bupati  mencicipi Krupuk Hati Batang Pisang

Bupati Seruyan, Yulhaidir bersama Wakil Bupati Seruyan Iswanti, Ketua TP PKK dan anggota DPR RI, Rahmad Nasution Hamka saat mencicipi panganan berbahan dasar pisang. (Foto/Fahrul) 

Kuala Pembuang,Media Dayak

Bacaan Lainnya

Desa Bangun Harja, kecamatan Seruyan Hilir Timur (SHT) memiliki potensi perkebunan pisang kepok yang cukup melimpah, bahkan saat ini warga setempat tidak hanya menjual pisang secara langsung untuk memenuhi pasar lokal dan luar daerah namun pengembangan produk turunan pisang mulai merambah pasar nasional.

Bupati Seruyan, Yulhaidir didampingi ketua TP PKK Seruyan, Fauziah Yulhaidir, Wakil Bupati Hj Iswanti, Ketua DPRD Seruyan, H Ahmad Ruswandi, anggota DPR RI, Rahmad Nasution Hamka dan pejabat lainnya usai meresmikan agrowisata kuliner lokal, langsung mengunjungi sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang dikhususkan untuk pengolahan pisang menjadi berbagai jenis panganan.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Seruyan langsung mencicipi krupuk dengan bahan hati batang pisang.

“Enak sekali ternyata, pisang jika diolah akan menghasilkan aneka panganan seperti yang baru saya cicipi tadi luar biasa enaknya,“ terang Bupati Seruyan, Yulhaidir.

Menurutnya, Ia merasa bersyukur saat ini Seruyan sudah memiliki sentra pengolahan pisang, mudahmudahan ini akan dapat mempermudah masyarakat desa Bangun Harja untuk berinovasi berkarya dari tanaman pisang yang melimpah di desa ini.

Sementara itu, Kades Bangun Harja, Mahmud Hasani mengatakan, dengan telah diresmikannya sentra IKM pengolahan pisang akan dapat memudahkan masyarakatnya dalam mengolah produk pisang dan turunan nya.

Saat ini terang Mahmud berbagai macam produk olahan yang bersumber dari pisang kepok  mulai dari Krupuk Hati Batang Pisang, Tortilla Chips berbagai rasa, Kripik Bonggol pisang, Krupuk Jantung Pisang  dan Krupuk Bonggol Pisang serta berbagai kreasi produk olahan lainnya yang berasal dari pisang.

 “Produk olahan dari pisang ini akan terus kita kembangkan lagi, agar kedepannya produk pisang dari Bangun Harja  bukan hanya buah pisangnya saja yang bisa di kenal secara luas tetapi produk olahan dari pisang yang merupakan produk turunannya bisa menjadi andalan juga,“ terang Mahmud Hasani. (Rul)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *