Dewan Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pansus RTRW

 

Bacaan Lainnya

Kuala Pembuang,Media Dayak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Selasa (15/1) kemarin menggelar rapat paripurna ke-1 masa persidangan I, dengan agenda penyampaian laporan hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Seruyan RTRW Kabupaten Seruyan oleh Tim Pansus dewan.  

 

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Seruyan, H Ahmad Ruswandi didampingi Wakil Ketua I, H Norhasan dan Wakil Ketua II, M Erwin Toha, serta dihadiri para anggota DPRD Seruyan.

 

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Seruyan, Hj. Iswanti, unsur pimpinan FKPD lingkup Seruyan, Sekda Seruyan, Drs Haryono bersama jajaran Pemda Seruyan, dan juga Kepala SOPD lingkup Pemkab Seruyan.

 

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Pansus pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Seruyan, Arahman menyampaikan laporan hasil pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Seruyan, dimana sebelumnya sudah dilakukan pembahasan bersama, baik dengan pihak Pemda Seruyan, maupun dengan pihak perusahaan besar swasta (PBS), HPH dan RRC yang berada di wilayah Kabupaten Seruyan.

 

Berdasarkan hasil rapat Pansus bersama Bapemperda Pemda Seruyan yang telah dilaksanaka pada tanggal 11 Januari 2019, dapat disimpulkan dan dicapai kesepakatan dengan berbagai pertimbangan, masukan dan saran serta catatan-catatan, diantaranya, pada poin 14 konsideran menimbang tentang Permen PU No 16/PRT /M tahun 2009 diganti dengan  Permen Agrarian dan Tata Ruang No 1/2018.

 

Kemudian pasal 2 tentang luasan wilayah kabupaten Seruyan tetap berpedoman pada UU No 5/2002 tentang Pemekaran Kabupaten Seruyan yaitu kurang lebih 16.404 Kilometer persegi (1.640.000 Ha).

 

Sementara  itu lanjutnya, pihaknya menyimpulkan bahwa adanya penambahan dari pragraf konsiderans baik untuk menimbang maupun mengingat untuk kesempurnaan dan sesuai dengan filosofis serta yuridis dalam Permendagri No 80/2015.

 

Dalam draf Raperda yang telah dbahas ini agar nantinya segera dapat dikoreksi dan disesuaikan dengan berbagai masukan dan perubahan yang disepakati dalam pembahasan serta segera dikonsultasikan ke Biro Hukum Serda Provinsi Kalteng untuk dapat perbaikan dan evaluasi yang nantinya akan dapat segera disahkan.

Diharapkan ke depannya ujarnya, agar dalam penyampaian draf Raperda yang akan datang, baik yang berasal dari eksekutif maupun legeslatif, substansi materi dapat lebih disempurnakan.

 

Sehingga dalam pembahasan dapat berjalan mudah dan lancar sesuai tujuan kita bersama demi kesempurnaan  Raperda yang dibahas bersama-sama.

 

Usai rapat paripurna tersebut, kemudian rapat paripurna selanjutnya dilanjutkan dengan agenda penandatanganan pesetujuan terhadap Raperda RTRW Kabupaten Seruyan dari pihak DPRD Seruyan dengan pihak Pemda Seruyan. Yangmana dari dewan ditandatangani unsur pimpinan dewan yakni Ketua DPRD Seruyan H Ahmad Ruswandi, Wakil Ketua I, H Norhasan dan Wakil Ketua II, M Erwin Toha, sedangkan dari  pihak Pemkab Seruyan diwakili Wabup Seruyan Hj. Iswanti.  

 

Usai menyampaikan laporan hasil pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Seruyan, Ketua Tim Pansus dewan Arahman kepada wartawan mengatakan, saat ini pihaknya dari dewan bersama pihak Pemda Seruyan telah bersepakat menyetujui hasil pembahasan RTRW Kabupaten Seruyan yang telah dilakukan pembahasan-pembahasan bersama sebelumnya.

 

“Pada intinya antata pihak dewan dan Pemda Seruyan serta dari pihak PBS dan pihak-pihak terkait lainnya sudah bersepakat terhadap hasil pembahasan Raperda RTRW Kabupaten Seruyan tersebut”, katanya.


Namun pihaknya hanya menyayangkan, pada saat pembahasan bersama pihak PBS, dan HPH yang ada di kabupaten Seruyan, hanya ada enam perusahaan yang hadir. Sementara perusahaan yang beroperasional di wilayah kabupaten Seruyan ini mencapai 30 perusahaan lebih.

 

Padahal, pihanya mengundang hanya untuk meminta data mengenai luasan pada perusahaan masing-masing, yang berkaitan dengan RTRW Kabupaten Seruyan.

 

“Sebenarnya kita ingin meminta data dari mereka untuk pembahasan RTRW ini, tapi kini sudah kita sepakati semua. Dan kita berharap di lain waktu hendaknya hal ini tidak terulang lagi”, tandasnya (Rul)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *