Tingkatkan Inovasi Sektor Perkebunan

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Lohing Simon. (Media Dayak/DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Meningkatkan inovasi di sektor perkebunan dinilai sangat penting untuk dapat mengalami peningkatan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan yang lebih besar.
 
Oleh karenanya, Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Lohing Simon mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk dapat berinovasi guna memanfaatkan potensi daerah bidang perkebunan.
 
“Lantaran, potensi sektor perkebunan di Kalteng sangat menjanjikan, terutama kelapa sawit dan juga lainnya, sehingga potensi ini harus dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik oleh daerah agar lebih maksimal.
 
Ia menyebut salah satu inovasi yang bisa dilakukan Pemda ialah mendirikan industri untuk mengolah hasil-hasil perkebunan yang ada. Ia menyebut idustri ini harus milik daerah agar bisa dikelola secara maksimal.
 
Ketika mendirikan industri milik daerah ini tentu Pemda perlu mendorong perusahaan milik daerah (Perusda) lalu menyalurkan modal agar bisa merintis industri pengolah bahan-bahan mentah hasil perkebunan.
 
“Misalnya mendirikan pabrik pengolah CPO sawit milik daerah, saya rasa bisa menjadi solusi untuk menstabilkan harga sawit dan juga meminimalisir kelangkaan minyak goreng serta mahalnya harga minyak goreng,” tuturnya.
 
Disisi lain, dengan adanya industri ini juga bisa memberikan dampak terhadap perekonomian daerah juga peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kalteng, sehingga Pemda perlu memikirkan hal tersebut.
 
“Kita sebagai wakil rakyat sangat mendukung apabila ada kebijakan dari pemda untuk mendirikan industri milik daerah ini, karena memang manfaatnya akan sangat besar bagi daerah dan juga kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait