Pendistribusian Bapok Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Dilanjutkan

Plt kepala Dinsos Kabupaten Katingan, Robertus saat memperlihatkan bukti sejumlah bapok dari berbagai jenis, yang siap didistribusikan ke beberapa wilayah Kecamatan untuk masyarakat terdampak banjir. (Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya
Pendistribusian bantuan bahan pokok (bapok) untuk masyarakat Katingan terdampak banjir dilanjutkan. Demikian ungkap Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan, Robertus kepada sejumlah awak media, Jum’at (14/6) kemaren, di ruang kerjanya 
Adapun beberapa tempat yang akan didistribusikan bantuan bapok dimaksud nantinya menurut Robertus, diantaranya di wilayah Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan sebagian ke wilayah Kecamatan Mendawai. “Sedangkan bantuan bapoknya berupa beras, minyak goreng, ikan kalengan, telor ayam dan beberapa bapok lainnya,” katanya. 

Lantaran bapok yang ada di kantor Dinsos terbatas, sehingga bapok yang ada ini menurutnya hanya diprioritaskan  untuk persediaan dapur umum saja. “Tapi, jika ada tambahan lagi, besar kemungkinan akan dibagikan juga kepada masyarakat setempat yang terdampak langsung,” ujarnya.

Khusus untuk yang mendapatkan bapok perorangan/keluarga dirinya meminta kepada Kades dan Camat setempat untuk melakukan pendataan masyarakatnya yang terdampak banjir.  Utamakan masyarakat miskin dan keluarga yang memiliki balita serta ibu hamil dan lansia. 

 
Adapun bentuk bantuan bapok yang akan didistribusikan ke beberapa wilayah Kecamatan dimaksud menurutnya, diantaranya berupa beras, minyak goreng, ikan kalengan, mie instan dan telor ayam. Khusus beras berasal stok dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). “Sedangkan bapok lainnya berasal dari biaya tak terduga yang dianggarkan oleh Pemkab Katingan melalui APBD Kabupaten Katingan,” terangnya. 
 
Menjawab pertanyaan media, pendistribusian nanti akan dilaksanakan oleh Dinsos sendiri, dengan menggunakan truk untuk jalur darat dan menggunakan kelotok untuk jalur sungai. “Nanti petugas kami yang ikut mendampingi pendistribusianya,” ujar mantan kepala Dinas Kesehatan ini. (Kas/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait