Kerusakan Jalan Puruk Cahu-Saripoi Disebabkan Truk Melintas Melebihi Tonase

Bupati Mura, Drs Perdie MA saat mengecek Jalan Puruk Cahu-Saripoi didampingi Kadis PUPR, Ricard FL ST, Belum lama ini. (Media Dayak/Lulus Riady)

Bacaan Lainnya

Puruk Cahu, Media Dayak

   Kondisi Jalan Puruk Cahu menuju Saripoi, Kecematan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya (Mura) sangat memprihatinkan, jalan cor beton yang baru dibangun duan tahun yang lalu tersebut di beberapa titiknya sudah mengalami kerusakan. bahkan ada satu titik yang berkubang akibat tanah longsor yang bisa membahayakan bagi masyarakat yang melintas

Bupati Kabupaten Mura, Drs Perdie MA mengatakan meskipun jalan telah dicor beton namun tetap saja ada beberapa titik yang rusak. Ini karena masih banyak truk angkutan barang yang melintas dengan beban melebini tonase maksimal beban yang bisa ditahan oleh konstruksi jalan.

“Penyebab rusaknya jalan Puruk Cahu- Saripoi ini karena truk angkutan yang melebihi tonase,maka dari itu saya mengaharapkan kerjasama masyarakat supaya sama-sama menjaga dan mengurangi angkutan yang melebihi maksimal beban kapasitas jalan tersebut,” Kata Bupati, Senin (18/2).

Perdie juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat segera memperbaiki jalan rusak khususnya di ruas Puruk Cahu – Seripoi Kecamatan Tanah Siang. Sehingga, pemeliharaan harus terus dilakukan dan dalam hal ini Dinas PU harus responsif segera membenahi titik jalan rusak sebelum bertambah parah.

“Saya melihat ada beberapa titik yang rusak bahkan ada yang terkena longsor, itu jangan terlambat dibenahi karena bisa bertambah parah nantinya,” Ungkap Perdie saat menghadiri Musrenbang di Seripoi.

Terkait akses jalan Puruk Cahu menuju Seripoi Bupati mengatakan, dari tahun ke tahun selalu mendapat perhatian dari pemerintah. Saat ini akses jalan tersebut hampir seluruhnya berkonstruksi cor beton sehingga nyaman dilintasi maayarakat.

“Tidak hanya Dinas PU, masyarakat juga punya kewajiban memelihara jalan, kalau ada kerusakan segera benahi secara gotong royong dan swadaya. Karena jalan juga milik maayarakat,” Jelasnya.

Kondisi ruas jalan Puruk Cahu – Seripoi sepanjang 27 km saat ini nyaman dilintasi karena sebagian besar berkonstruksi cor beton. Namun ada beberapa titik yang mulai rusak di antaranya cor beton mulai mengelupas termasuk ada satu titik ruas jalan yang terkena dampak longsor dan membuat jalan jadi berlubang.(LUS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *