Kembangkan Pertanian dalam Arti Luas

Anggota DPRD Gumas Rayaniatie Djangkan. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan berharap konsep pembangunan Smart Agro tidak hanya tanaman jagung hibrida, tapi pertanian dalam arti luas lainnya.

“Dalam pengembangannya pada konsep pembangunan smart agro hendaknya dapat diperluas pada pertanian dalam arti luas, seperti tanaman pertanian dan holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan,” ujar Raya, Senin (18/9)

Tanaman pertanian, menurut Raya, seperti padi, dan tanaman holtikultura seperti sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman obat-obatan, dan tanaman pertanian dan holtikultura lainnya.

Dia menilai tanaman jagung hibrida selama ini dalam pengembangannya tidak bisa menghasilkan apa-apa, sehingga dinas terkait harus memikirkan pengembangan maksimal tanaman pertanian lainnya dan holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

“Jangan memaksakan pada tanaman jagung hibrida kalau itu tidak bisa memberikan benefit yang baik. Berfokuslah pada pengembangan tanaman pertanian lainnya dan holtikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan,” tegas sekretaris komisi II bidang perekonomian dan pembangunan itu.

Legislator tiga periode itu pun mengimbau masyarakat Gumas memanfaatkan lahan pekarangan untuk mengembangkan tanaman pertanian dan holtikultura, peternakan, dan perikanan guna menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait