Kalteng Buat Edaran Untuk Pacu Serapan Anggaran

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) segera membuat surat edaran kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkup pemerintahan, berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan untuk memacu serapan anggaran di tahun 2019 ini.

Pemprov Kalteng telah menyerahkan daftar pelaksanaan anggaran (DPA) kepada masing-masing SOPD. Dengan sudah diserahkannya dokumen tersebut, maka pelaksanaan kegiatan yang diagendakan di tahun ini bisa dimulai dengan segera.

“Ini merupakan awal yang baru untuk pemerintah, karena banyak yang perlu diperhatikan lagi berkenaan dengan program kegiatan. Apa yang diperoleh tahun lalu, akan dijadikan patokan untuk mengejar target tahun ini. Namun pada dasarnya akan ada evaluasi,” katanya usai menyerahkan DPA kepada SOPD, Rabu (2/1).

Disinggung mengenai target realiasi anggaran sebesar 97 persen pada tahun ini, Fahrizal menyebutkan pemerintah telah membuat langkah-langkah untuk mencapai taget yang ditetapkan Gubernur. Tentu saja langkah yang dilakukan berupa evaluasi  berbagai permasalahan yang terjadi di tahun sebelumnya.

“Kalau soal kendala, itu sudah pasti. Untuk tahun ini, pemerintah akan evaluasi di mana saja letak kesulintan yang terjadi di tahun lalu, sehingga untuk yang sekarang tidak ada masalah berarti lagi,” katanya.

Tak hanya soal realisasi anggaran, target pendapatan daerah juga harus diperhatikan oleh semua jajaran SOPD. Semakin besar pendapatan daerah, maka semakin besar pula peluang pemerintah untuk mempercepat proses pembangunan dengan kemampuan pembiayaan pembangunan yang memadai.

Menurutnya, program yang sudah dirancang untuk tahun ini telah memalui berbagai tahapan dan direncanakan betul-betul oleh pemerintah, baik dari sisi target, kemampuan hingga realisasi. Terkait hal tersebut, Sekda optimis target realisasi anggaran dan realisasi pendapatan daerah bisa tercapai.

“Yang pasti soal target diperhatikan batul-betul, karena ini sudah ditetapkan tentu harus ada upaya untuk mengejar semua itu. Jadi, tinggal pelaksanaan di lapangan saja yang akan kita perkuat,” pungkasnya.(YM) 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *