Dewan Terus  Dorong Peningkatan Fasilitas Samsat

Foto : H.M. Fahruddin

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

  Kalangan anggota DPRD Kalteng menilai, saat ini pelayanan yang diberikan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di seluruh Kabupaten/Kota telah membaik. Namun, untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat dan kelancaran operasional, perlu adanya peningkatan sejumlah fasilitas.

Menurut Wakil Ketua Komisi A DPRD Kalteng HM Fahruddin, setelah Komisi A melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat di Provinsi lain, dirinya membenarkan bahwa saat ini seluruh UPTD Samsat yang ada hanya perlu peningkatan fasilitas, seperti ruang untuk ibu menyusui, ruang baca dan ruang bermain anak.

“Kalau saya melihat, pelayanan yang diberikan oleh Samsat saat ini sudah sangat baik, hanya saja perlu peningkatan beberapa fasilitas, misalnya ruang untuk ibu menyusui, ruang baca atau ruang bermain anak. Karena di beberapa Kabupaten, seperti Kotawaringin Timur (Kotim), Kapuas dan Kota Palangka raya, hampir setiap hari banyak orang datang untuk membayar pajak bahkan ada yang datang membawa anak,Ucap Fahruddin, saat dibincangi Dayak Pos, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Jumat (21/12).

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini juga mengharapkan, Samsat  di Kabupaten/kota memiliki fasilitas berupa kendaraan  operasional. Pasalnya, sampai saat ini masih ada UPTD samsat yang masih belum memiliki mobil operasional.

Untuk fasilitas memang perlu pembenahan, dan disamping itu kita juga mengharapkan adanya peningkatan fasilitas seperti mobil operasional. Memang ada beberapa Kabupaten yang sudah memiliki mobil operasional, itupun dibantu oleh pemerintah Kabupaten/kota. Sedangkan untuk UPTD Samsat di kabupaten yang belum memiliki mobil operasional, kita harapkan pihak pemerintah bisa membantu untuk melakukan pengadaan, minimal untuk kepala Samsatnya, karena ada beberapa daerah yang kepala Samsatnya hanya menggunakan kendaraan roda dua, terang legislator dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini.

Dikatakan, tidak hanya peningkatan fasilitas berupa pengadaan ruang ibu menyusui, ruang baca, ruang bermain anak dan kendaraan operasional, pihaknya juga berharap adanya peningkatan fasilitas berupa gudang untuk menyimpan berkas, sehingga berkas tersebut tidak berhamburan di ruang kerja.

Peningkatan fasilitas lain yang juga kita harapkan di UPT Samsat adalah adanya gudang untuk penyimpanan berkas, agar berkas tersebut tidak berhamburan di ruang kerja. memang untuk urusan administrasi ada samsat yang memang berkas-berkasnya tertata rapi, tetapi ada juga yang berserakan di meja maupun di lantai, tambahnya.

Selain itu, sambung Fahruddin, dirinya mengingatkan kepada Samsat agar bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi, walaupun saat ini pelayanan UPTD Samsat dinilai sudah sangat baik.

Dari segi pelayanan, kita hanya mengingatkan agar Samsat lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat, terutama dari hal transparansi dan tidak mempersulit masyarakat dalam hal pembayaran pajak kendaraan, karena masyarakat memiliki kesadaran untuk bayar pajak dan kalau memang persyaratannya sudah lengkap seperti KTP, BPKB dan lain-lain, segeralah di proses dan kita juga berharap, tidak ada loket diluar loket yang sudah resmi,”Pungkasnya.(Nvd)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *