Camat Kahut Lantik 5 Anggota PAW BPD

Camat Kahut Effendi W Rasa melantik 5 anggota PAW BPD Kecamatan Kahut,Senin(17/12).(Foto/Istimewa)

Kuala Kurun,Dayak Pos

Bacaan Lainnya

Melalui pesan WhatsApp kepada media ini,Senin(17/12),Camat Kahayan Hulu Utara(Kahut),Effendi W Rasa,menyampaikan dirinya hari ini(kemarin)melakukan pelantikan 5 orang  pengganti antar waktu(PAW)Badan Permusyawaratan Desa(BPD)di aula kantor camat Kahut.

“Yang kita lantik(PAW BPD),2 orang dari desa Tumbang Pasangon,1 orang dari desa Penda Rangas,1 orang dari desa Tumbang Korik dan 1 orang dari desa Tumbang Ponyoi,” katanya.

Mantan Lurah Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun ini berharap 5 orang PAW BPD yang baru dilantik supaya aktif dalam kegiatan di pemerintahan desa.

“Saya minta mereka harus aktif menyampaikan aspirasi masyarakat.Terus dan terus belajar untuk memahami tugas dan fungsinya dan harus mengetahui hak dan kewajibannya.Jangan hanya menuntut hak tetapi tidak melakukan kewajibannya.Hak ada karena kewajiban dilaksanakan dengan baik,” tegasnya.

BPD menurutnya memiliki fungsi membahas dan menyepakati Raperdes bersama kepala desa,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa.

“Tugas BPD itu menggali,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.Menyelenggarakan musyawarah desa,membentuk panitia pemilihan kepala desa dan menyelenggarakan musyawarah desa kusus untuk pemilihan kepala desa antar waktu,” ujarnya.

BPD mempunyai hak,kata dia,yakni mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala desa,menyatakan pendapat atas penyelenggaraan pemerintahan desa,pemberdayaan desa,pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta mendapatkan biaya operasional dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya daeri APBDes.

“Saya selalu pesan kepada teman teman kepala desa dan BPD agar bekerjasamalah dengan baik dalam membangun desa supaya desa menjadi maju.Pergunakan anggaran pembangunan desa(DD dan ADD)dengan baik,sesuai peraturan yang sudah ditetapkan,” tukasnya.(Nov)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *