Banjir di Hulu Tidak Berpengaruh Terhadap Pertanian di Hilir

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Eterly AMd

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kendati banjir  melanda wilayah hulu (utara) Katingan, namun sangat tidak berpengaruh terhadap lahan pertanian dan aktivitas petani di wilayah hilir (selatan). “Khususnya di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai sebagai penghasil gabah dan beras terbesar di Kabupaten Katingan,” kata anggota DPRD Kabupaten Katingan, Eterly kepada sejumlah awak media, Rabu siang (12/6), di ruang loby DPRD setempat. 

Pasalnya, wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai itu menurut Eterly merupakan daerah pasang surut. Berbeda dengan 11 wilayah Kecamatan lainnya di Kabupaten Katingan ini, seperti yang berada di wilayah Kecamatan Kamipang dan Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sananaman Mantikei, Marikit, Petak Malai, Katingan Hulu hingga Bukit Raya, jika terjadi banjir hampir seluruh lahan perkebunan dan pertanian akan terendam oleh banjir yang besar.

Seperti banjir yang terjadi beberapa tahun lalu, meskipun banjirnya sangat besar, padahal di saat itu pula berbarengan dengan musim panen. Namun, tidak ada satu lahan pertanian pun di wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai, yang mengalami gagal panen. “Semuanya berhasil seperti biasa,” ujar legislator Partai Nasdem ini.

Bahkan, jika terjadi banjir dan pasca banjir menurutnya, wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai tersebut kebanjiran ikan pula. Saking melimpahnya ikan pada saat banjir pada saat itu, tentu saja masyarakatnya ikut mengumpulkan berbagai jenis ikan. Ada yang menggunakan pancing, lunta, tombak dan berbagai jenis alat tangkap ikan lainnya. 

Kesimpulannya, baik banjir yang terjadi sebelum-sebelumnya maupun banjir yang terjadi baru-baru tadi, menurutnya sebagian besar lahan pertanian di dua wilayah Kecamatan tersebut tidak berdampak. Hasil panennya untuk yang akan datang pun diperkirakan masih normal, seperti panen di bulan Maret 2024 yang lalu. 

Meskipun selama ini lahan pertaniannya tetap aman. Dan, hasil panennya juga seperti biasa, namun dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat, utamanya yang memiliki lahan pertanian agar selalu menjaga dan membersihkan irigasi yang ada di lahan pertaniannya masing-masing. “Sehingga pengairan di sekitar lahan tersebut tetap dalam aman keadaan lancar,” imbau.anggota asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala ini. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait