Mewakili Sekda, Kepala Dinas PMPTSP Buka Forum PTSP dan Rakor Asistensi Penerapan PTSP se-Kalteng

Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng Sutoyo, Selasa (11/6/2024)(MMC Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Mewakili Sekda Provinsi Kalteng Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng Sutoyo secara resmi membuka Forum PTSP dan Rakor Asistensi Penerapan PTSP se-Kalteng Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTPSP) Provinsi Kalteng, bertempat di Swiss-Bel Hotel Danum, Selasa (11/6/2024).
 
Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng saat membacakan sambutan tertulis Sekda Provinsi Kalteng menyampaikan, bahwa Pemda wajib menjamin terselenggaranya pelayanan publik berdasarkan Urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, yang dicapai melalui peningkatan mutu pelayanan dan daya saing daerah.
 
“Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko saat ini mengedepankan kemudahan dalam berusaha. Semakin rendah risiko bidang usaha, semakin mudah pula dalam menjalankan usaha,” kata Sutoyo.
 
Menurutnya, prinsip trust but verify mutlak harus dijalankan, yakni mempermudah proses penerbitan perizinan berusaha namun memperkuat pengawasan pelaksanaan kegiatan usaha.
 
“Dalam mengimplementasikan kebijakan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko tersebut, diperlukan kesiapan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kompetensi dan pemahaman yang utuh tentang konsep perizinan berusaha berbasis risiko,” ucapnya.
 
Kadis PMPTSP berharap, dengan adanya kegiatan ini pimpinan dan aparatur penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu, baik di provinsi maupun kabupaten/kota, dapat bersama-sama saling bersinergi dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam menyelenggarakan perizinan berusaha dan pengawasan perizinan berusaha di daerah.
 
Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Satu Pintu DPMPTSP Provinsi Kalteng Ester Mutiara L Tobing mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, khususnya pelayanan perizinan berusaha dan non perizinan di Kalteng 
 
“Sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap pelaku usaha yang telah atau yang akan berinvestasi serta adanya sinergisitas antar perangkat daerah yang terkait,” paparnya.
 
Lanjutnya, kegiatan Rakor Asistensi Penerapan PTSP Provinsi Kalteng tahun 2024, adalah sebagai evaluasi kinerja pelayanan publik, khususnya pada pembinaan dan penyelenggaraan perizinan dan non perizinan Kabupaten/Kota di Kalteng, dan diharapkan adanya sinergi dalam menyelenggarakan pelayanan perizinan dan non perizinan kepada masyarakat atau pelaku usaha. (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait