Wartawan PWI Gumas Harus Cerdas dan Profesional

     

Atas kanan,tengah dan kiri:Sekda Yansiterson,Ket DPRD H Gumer dan Bupati terpilih Gumas 2019-2024 Jaya S Monong memberikan ucapan selamat kepada pengurus PWI Gumas periode 2018-2021.

Bacaan Lainnya

Gbr tengah:Sekda Gumas Yansiterson membacakan teks sambutan Bupati Arton S Dohong pada pelantikan pengurus PWI Gumas 2018-2021.
Bawah kiri;Plt Ketua PWI Kalteng Sadagori H Binti menyampaikn sambutan pada pelantikan pengurus PWI Gumas 2018-2021.Tengah bawah:Pelantikan pengurus PWI Gumas oleh Plt ketua PWI Kalteng.Kanan bawah:Ketua PWI Gumas Popi Octovery sampaikan sambutan usai pelantikan.(Foto/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun,Media Dayak

   Bupati Gunung Mas (Gumas),Arton S Dohong,menegaskan pemerintah daerah(Pemda)
Gumas menginginkan wartawan yang tergabung dalam PWI,kususnya PWI Gumas cerdas dan profesional.

“PWI,kususnya PWI Kabupaten Gunung Mas hendaknya lebih mengedepankan upaya peningkatan sumberdaya manusia.Tidak(wartawan) hanya memberikan kritik terhadap kinerja pemerintah, namun mampu memberikan ide,gagasan,solusi serta pemikiran,” kata Arton dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Yansiterson pada pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia(PWI)Gumas periode 2018-2021 di ruang rapat lantai satu kantor Bupati Gumas.

Peningkatan sumber daya wartawan,menurut Arton, sejalan dengan apa yang diharapkan pemerintah melalui dewan pers.Hal itu berkenaan dengan kompetensi wartawan yang mulai diberlakukan tahun 2018.

“Karenanya,PWI selaku organisasi w f.artawan hendaknya mendorong setiap anggotanya memiliki sertifikat kompetensi dari dewan pers.Wartawan profesional sangat dibutuhkan pemerintah daerah diera keterbukaan informasi publik saat ini,” serunya.

Seorang jurnalist profesional, katanya,akan mampu mendorong program pembangunan yang digalakkan pemerintah melalui berbagai tulisan yang lebih mengedepankan fakta dan tidak menyebarkan berita bohong(hoax)atau berita palsu(fake news).

Diluar teks yang dibacanya, Yansiterson mengakui kalau wartawan PWI Gumas adalah yang aktif selama ini dalam memberitakan kegiatan Eksekutif dan Legislati

“Mereka bukan wartawan abal abal,mereka sudah memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Gunung Mas melalui pemberitaan yang disampaikan,” tegas Yans

“Kita(Pemda) berharap berita yang ditulis harus benar dan dengan sumber yang jelas.
Pemda juga konsisten mendukung PWI Gunung Mas sebagai mitra penting dalam  pembangunan daerah menuju kemajuan yang lebih dan masyarakat yang sejahtera,” cetusnya.

Dalam sambutannya,Plt Ketua PWI Kalteng,Sadagori Henoch Binti,mengakui pelantikan pengurus PWI Gumas periode 2018-2021  merupakan sejarah,karena baru kali ini kepengurusan PWI Gumas dilantik.Diapun meminta Pemda Gumas dapat membina dan mendukung PWI Gumas dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

“Tanpa dukungan dari Pemda Gunung Mas,PWI Gunung Mas tidak akan bisa berjalan dengan baik.PWI Gunung Mas harus mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah ini melalui pemberitaan yang sesuai dengan kaidah kaidah jurnalistik,” tegas Ririn.

Hasil konfrensi PWI Gumas ke enam beberapa waktu,terpilih sebagai ketua Popy Oktovery, wakil ketua Epra Sentosa, sekretaris Jemmy Y Kamis, wakil sekretaris Sogianto dan bendahara Arham Said.

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Gumer,Bupati Gumas terpilih 2019-2024 Jaya S Monong, sejumlah pimpinan OPD, pejabat eselon III dan IV dan undangan lainnya.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *