Warga Desa di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat Minta Ketersediaan Bibit lebih Banyak

Edi Fran Aji

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pertanian dan perkebunan khususnya padi sawah dan padi ladang dan juga tanaman kelapa sawit hingga saat masih menjadi usaha masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara khususnya di wilayah pedesaan.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Edi Fran Aji, Senin (20/5/2024)  di Muara Teweh mengatakan, saat untuk lahan pertanian dan perkebunan di daerah ini sangat luas, seperti halnya kebun sawit dan karet milik warga.

Misalkan untuk Kecamatan Lahei jumlah kebun karen semakin bertambah begitu juga dengan beberapa wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Barito Utara.

Oleh karena itu, kata legislator Partai Nasdem Barito Utara ini masyarakat juga membutuhkan bibit seperti sawit yang berkualitas, agar produksi lebih meningkat. Begitu juga dengan tanaman padi harus pula yang bibit yang berkualitas.

Menurut legislator Dapil II ini, seperti halnya untuk Kecamatan Lahei Barat dan Lahei warga banyak mengusulkan agar ketersediaan bibit lebih banyak lagi. Hal ini sesuai banyaknya luasan lahan yang saat ini makin bertambah.

“Usulan warga mengenai ketersediaan bibit sudah kita sampaikan kepada instansi terkait yang membidangi. Mudah mudahan dalam tahun ini bisa direalisasikan oleh Dinas Pertanian Barito Utara atas usulan warga tersebut,” kata Edi Fran Aji.

Sebagai mantan petani, dirinya sangat memahami keinginan dari warga masyarakat khususnya para petani untuk tambahan bibit yang berkualitas, agar ke depannya kesejahteraan petani lebih meningkat.

Ia juga menyinggung dengan sejumlah wilayah sudah lebih baik pertaniannya. Seperti halnya pembuatan jalan usaha tani. Dengan program ini maka bisa meningkatkan hasil produksi.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait