Umat Kaharingan Diminta Introspeksi Diri

Bupati Arton S Dohong (tengah) pada kegiatan  Raker pertama lembaga pengembangan tandak intan kaharingan(LPT-IK)diaula kantor kementrian agama  Gumas,Jumat (28/12) lalu.(Foto/Novri JK Handuran)

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun,Media Dayak

     Bupati Gunung Mas (Gumas)Arton S Dohong mengharapkan umat kaharingan di wilayah Gumas dapat maju dalam segala hal.

Mencapai itu(kemajuan),dia minta umat kaharingan introspesi diri,menemukan apa yang selama ini masih kurang,masih belum maksimal dilakukan sehingga perkembangan dan kemajuan umat kaharingan di Gumas selama ini menjadi sluggish(lambat).

“Seperti umat beragama lainnya,saya ingin umat kaharingan (di Gumas)
semakin maju dalam pola fikir,semakin kuat persatuan dan kesatuannya dan semakin sejahtera.Umat kaharingan tidak boleh tertinggal,tidak boleh bodoh,tidak boleh miskin.Umat kaharingan harus maju dalam segala hal,” kata Arton dalam arahannya  membuka rapat kerja pertama lembaga pengembangan tandak intan kaharingan(LPT-IK)diaula kantor kementrian agama Gumas,
Jumat (28/12) lalu.

Dia menyerukan untuk tidak meneruskan perbuatan yang melanggar aturan organisasi yang membuat organisasi(LPT-IK)menjadi kerdil bahkan jangan ada orang kaharingan yang  menghambat kemajuan kaharingan.

“Memang masih ada sebagian pengurus organisasi ini yang tidak sepenuh hati mengurus organisasi.Maunya dirinya yang diurus.Uruslah organisasi ini dengan sungguh sungguh supaya(kaharingan)menjadi maju,” tegasnya.

“Rasa memiliki,rasa tanggung jawab dari umat kaharingan harus ada.Misalnya dalam membangun rumah ibadah,janganlah selalu bergantung pada bantuan pemerintah melainkan ada rasa memiliki,rasa tanggung jawab dari umat sehingga rumah ibadah yang dibangun selesai dengan cepat,” tambah Arton.

Adanya prediksi tahun 2025 umat kaharingan akan run  out(habis),Bupati menilai itu tantangan bagi umat.
Kaharingan  harus tetap eksis.Tanggung jawab pengurus untuk mengurus umat dengan penuh tanggung jawab,bukannya pengurus  yang diurus umat.

“Umat dan pengurus harus bersinergi,membangun kaharingan agar sejajar kemajuannya dengan umat beragama lainnya,” pintanya.

Diakhir arahannya yang panjang lebar,Arton menyampaikan tanggal 28 Mei 2019 akhir masa jabatannhya.
Dia berharap pengurus LPT-IK tetap berkomunikasi dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.Pemerintah tidak akan tahu kalau pengurus tidak berkomunikasi dengan baik dengan pemerintah.

“Lakukan audensi dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya.Jangan bertentangan dengan pemerintah.Dukung pemerintah dalam membangun daerah ini menjadi semakin maju,”ujar Arton.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *