Kesadaran PHBS Warga Kuala Kurun Masih Kurang

Vera Crista,SKM(Kepala Puskesmas Kurun)

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun,Media Dayak

Kepala Puskesmas Kelurahan Kuala Kurun,Kecamatan Kurun,Kabupaten Gunung Mas(Gumas),Vera Crista,
menyampaikan dengan blak blakan kalau kesadaran pola hidup bersih dan sehat (PHBS)masyarakat Kelurahan Kuala Kurun saat ini masih kurang.

“Hal ini berdasarkan penilaian kami pada saat turun kelapangan pada saat kami mengadakan kegiatan pendataan Pis-PK(Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga)di Kelurahan Kuala Kurun,indeks keluarga sehat  masih kurang,” beber Vera,
Selasa (29/1).

“Dan juga terbukti dengan kasus DBD(Demam Berdarah Dengue)yang masih ada, karna yang punya pengaruh besar disitu kebersihan lingkungannya,apabila lingkungan bersih maka tidak ada sarang nyamuk,ataupun tempat penularan penyakit lain,” sambung Vera.

Menurut dia,PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan.

“Contohnya membiasakan cuci tangan pakai sabun dan air bersih,menggunakan jamban sehat,menggunakan airbersih,
konsumsi buah dan sayur,
melakukan aktifitas fisik setiap hari, tidak merokok dalam rumah dan PHBS lainnya,” tutur Vera.

Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Kelurahan Kuala Kurun akan pentingnya PHBS,diakui wanita yang akrab dengan pewarta ini sudah dilakukan pihaknya dan tahun inipun  akan dilakukan.

“Kami punya program promosi kesehatan untuk PHBS, selain di kelompok masyarakat, kami juga memberikan di seluruh sekolah yang ada diwilayah Kelurahan Kuala Kurun,dari PAUD,TK,SD,SMP,SMA dan SMK,” ujarnya.

Vera pun menyerukan masyarakat Kelurahan Kuala Kurun dan masyarakat Gumas umumnya untuk tidak mengsimplifikasikan arti penting PHBS bagi kesehatan, karena kesehatan itu salah satu kebutuhan dasar manusia.

“Sehat itu mahal,peliharalah sebelum sakit,” pintanya.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *