Hadapi Tantangan Masa Depan, Dewan Dorong Pemda Berupaya Tingkatkan SDM

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak (Media Dayak /Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Dalam rangka menghadapi berbagai tantangan di masa depan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Kalteng mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih fokus dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Bumi Tambun Bungai.
 
Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak menyatakan bahwa peningkatan SDM merupakan kunci utama dalam mengatasi berbagai tantangan global dan lokal yang terus berkembang.
 
“Lantaran, kualitas SDM yang unggul akan membawa dampak positif bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya. Oleh karena itu, penting dilakukan berbagai program dan kebijakan yang mendukung peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat,” terangnya, Jumat (14/6/2024).
 
Menurutnya SDM yang berkualitas merupakan aset terbesar bagi pembangunan daerah. “Oleh karena itu, kami mendorong Pemda untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan masyarakat,” ujar Razak
 
Selain itu, Dewan Kalteng juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan dalam menciptakan ekosistem yang mendukung peningkatan SDM. 
 
Diharapkan, sinergi ini dapat menghasilkan program-program yang relevan dan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan daya saing SDM Kalteng di tingkat nasional maupun internasional.
 
“Kami melihat perlunya adanya kerjasama yang solid antara berbagai pihak, termasuk sektor swasta dan lembaga pendidikan, dalam merancang dan melaksanakan program-program peningkatan SDM. Ini tidak hanya akan menguntungkan individu, tetapi juga akan memperkuat perekonomian daerah secara keseluruhan,” tambahnya.
 
Ia juga mengingatkan bahwa peningkatan SDM harus disertai dengan perbaikan infrastruktur pendukung, seperti fasilitas pendidikan yang memadai, akses teknologi, serta lingkungan belajar yang kondusif. “Hal ini penting agar upaya peningkatan SDM dapat berjalan secara efektif dan berkelanjutan,” terangnya.
 
Ia mengaku optimis, dengan fokus pada peningkatan SDM, Kalteng akan mampu menghadapi berbagai tantangan masa depan dengan lebih siap dan kompetitif.(Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait