Dinkes Barsel Galakkan Germas Kepada Masyarakat

dr. Djulita K Palar

Bacaan Lainnya

Buntok, Media Dayak

Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah terus menggalakkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kami terus mensosialisasikan program ini melalui puskesmas agar masyarakat terbiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel dr Djulita K Palar di Buntok, Senin (28/1).
Germas dinilai ampuh untuk mencegah penyakit menular maupun tidak menular. Hal ini dilakukan dengan cara memperbaiki kesehatan lingkungan, asupan gizi, perilaku dan melakukan kewaspadaan dini.

Masyarakat harus terbiasa berolahraga secara rutin, mengonsumsi sayur dan buah-buahan, melakukan pemeriksaan kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungannya.
“Jika semua kebiasaan tersebut rutin dilakukan, maka semakin kecil peluang masyarakat terserang penyakit,” tuturnya.

Djulita menginginkan, agar kebiasaan masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan kuratif diubah menjadi preventif. Yaitu lebih mengutamakan pencegahan dibandingkan pengobatan.

Pihaknya berencana membuat sejumlah program pendukung, agar masyarakat terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit.
“Kegiatan yang kami laksanakan nantinya banyak melibatkan masyarakat sehubungan dengan program preventif dan promotif,” terangnya kepada Antara Kalteng.
Kegiatan tersebut sebagai upaya memperkuat penyelenggaran layanan kesehatan disetiap puskesmas dan terus memperkuat promosi terkait kesehatan.(Ant/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *