Wagub Salurkan 1000 Paket Bapok dan Serahkan 2 Ekor Hewan Qurban di Kecamatan Pandih Batu

Wagub Kalteng Edy Pratowo menyampaikan sambutan pada kegiatan pasar murah, Kamis (13/6/2024)(MMC Kalteng)

Pulang Pisau, Media Dayak 

Usai membuka pasar murah di Kecamatan Kahayan Kuala, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo selanjutnya membuka pasar murah dan menyalurkan bantuan 1000 paket bahan pokok (Bapok), sekaligus menyerahkan bantuan hewan qurban 2 (dua) ekor sapi secara simbolis untuk masyarakat di Desa Talio Muara Kecamatan Pandih Batu, yang dipusatkan di Halaman Mesjid Attaqwa Talio Muara, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (13/6/2024).
 
Wagub Kalteng menyampaikan, kehadiran rombongan Pemerintah Provinsi Kalteng di Kecamatan Pandih Batu tersebut, selain untuk melaksanakan program Pemprov yaitu kegiatan pasar murah, sekaligus silaturahim dengan masyarakat setempat untuk memastikan seluruh masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bahan pokok terutama menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H.
 
Dikatakannya, menghadapi hari-hari besar keagamaan biasanya terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok, hal ini berkaitan dengan persoalan inflasi, dan sesuai dengan instruksi Presiden RI bahwa gubernur, bupati dan walikota diminta untuk terus menjaga stabilisasi harga pangan (kebutuhan pokok).
 
“”arena situasi negara secara global tidak menentu sehingga membuat semua harga kebutuhan pokok naik, maka pemerintah melakukan intervensi melalui kegiatan pasar murah,” ucap Wagub.
 
Selanjutnya Wagub mengungkapkan, kenapa pada pasar murah ini disalurkan hanya dua komoditas yaitu beras dan minyak goreng, karena kedua komoditas ini yang paling sering mengalami kenaikan harga dipasaran, supaya masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok ini.
 
Menurut Edy, melalui kegiatan pasar murah ini Pemprov Kalteng menyalurkan bantuan 1000 paket Bapok terdiri dari 10 kg beras dan 1 liter minyak goreng dalam satu paket senilai Rp192.500,- per paket, disubsidi oleh Pemprov. Kalteng sebesar Rp172.500,- maka masyarakat cukup membayar sebesar Rp20.000,-, namun selanjutnya disubsidi lagi oleh Wagub Kalteng sehingga masyarakat Desa Talio Muara bisa mendapatkannya secara digratiskan.
 
“Kami hanya minta didoakan agar pak Gubernur beserta keluarga, Wagub dan seluruh perangkat daerah selalu sehat walafiat, supaya bisa bekerja dengan baik melakukan optimalisasi untuk meningkatkan PAD, sehingga nantinya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kalteng,” tuturnya 
 
Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani Edy Pratowo mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten dan mewakili masyarakat Kabupaten Pulang Pisau mengapresiasi Pemprov Kalteng dan menyambut baik kegiatan pasar murah dan penyerahan bantuan hewan kurban qurban tersebut.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, atas perhatiannya kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau khususnya di Kecamatan Pandih Batu melalui kegiatan pasar murah ini,” kata Nunu.
 
Disebutkannya pula bahwa Kabupaten Pulang Pisau patut bersyukur, karena sering mendapatkan bantuan dari pemerintah baik melalui pasar murah, pasar penyeimbang, bantuan pangan murah maupun program terbaru seperti tabungan beasiswa untuk anak kuliah di perguruan tinggi, kartu tani, kartu nelayan dan program lainnya yang digagas oleh Gubernur Kalteng dan diluncurkan Pemprov Kalteng.
 
“Kami juga mendoakan bapak Gubernur beserta keluarga dan pak Wagub, selalu diberi kesehatan, mendapatkan umur yang panjang, diberi keberkahan, dilancarkan dan dimudahkan dalam memimpin Kalteng,” tutupnya (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait