Wagub Kalteng Kembali Salurkan 1000 Paket Bapok dan Serahkan Bantuan 2 Ekor Hewan Qurban di Kecamatan Kahayan Kuala

Wagub Kalteng Edy Pratowo menyerahkan bantuan hewan kurban secara simbolis, Kamis (13/6/2024)(MMC Kalteng)

Pulang Pisau, Media Dayak 

Masih dalam rangkaian kegiatan pasar murah secara serentak yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalteng  Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo kembali menyalurkan bantuan 1000 paket bahan pokok (Bapok) dan menyerahkan bantuan hewan qurban 2 (dua) ekor sapi secara simbolis di Desa Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala, yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Kahayan Kuala, Pulang Pisau, Kamis (13/6/2024).
 
Wagub Kalteng menyampaikan, kehadiran jajaran Pemprov Kalteng di Kecamatan Kahayan Kuala tersebut, selain untuk silaturahim dengan masyarakat sekaligus melaksanakan program Pemprov yaitu dalam rangka kegiatan pasar murah.
 
Dikatakannya, kegiatan pasar murah ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden RI bahwa gubernur, bupati dan walikota diminta untuk terus menjaga stabilisasi harga pangan (kebutuhan pokok), karena situasi negara secara global tidak menentu sehingga membuat semua harga kebutuhan pokok naik, sehingga pada hari ini dilaksanakan kegiatan pasar murah di Bahaur dan di semua kabupaten/kota se-Kalteng.
 
“Supaya masyarakat Kalteng dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok, karena Bapok yang sering mengalami kenaikan itu adalah beras, minyak goreng, bawang, cabe, gula, telur, ayam,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut Wagub menjelaskan, melalui kegiatan pasar murah hari ini, ada dua komoditas yang salurkan yaitu beras 10 kg dan minyak goreng 1 (satu) liter sebanyak 1000 paket oleh Pemprov Kalteng, yang dikemas dalam satu paket senilai Rp192.500,- per paket, dan disubsidi oleh Pemprov. Kalteng sebesar Rp172.500.
 
“Sehingga masyarakat hanya menebusnya sebesar Rp20.000,-. Tetapi atas kemurahan hati pak Gubernur, Wagub, Pj Bupati Pulang Pisau dan Perangkat Daerah lainnya, maka disubsidi lagi sehingga bantuan sembako ini digratiskan,” jelasnya 
 
Selain itu Wagub Kalteng juga menyampaikan pesan kepada orang tua, khususnya ibu-ibu agar selalu menjaga anak-anaknya agar tidak terjadi pernikahan usia anak (PUA), karena hal ini akan berdampak pada lahirnya anak-anak yang mengalami gizi kurang seimbang (stunting), 
 
“Padahal program pemerintah provinsi sekarang untuk menurunkan angka stunting sampai dengan 15%. Hal ini dilakukan, salah satunya untuk mendorong anak-anak kita untuk sekolah kalau bisa sampai perguruan tinggi,” tandasnya.
 
Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani Edy Pratowo mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten dan mewakili masyarakat Kabupaten Pulang Pisau mengapresiasi Pemprov Kalteng dan menyambut baik kegiatan pasar murah dan penyerahan bantuan hewan qurban tersebut.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Wagub Kalteng, atas perhatiannya kepada masyarakat Kabupaten Pulang Pisau khususnya pada hari ini di Kecamatan Kahayan Kuala,” ucap Nunu.
 
“Alhamdulilah kita sering mendapatkan program serta bantuan dari Pemprov Kalteng, dan masyarakat bisa merasakan manfaat dan berkahnya, semoga hal ini bisa meringankan beban pengeluaran masyarakat terutama menghadapi Hari Raya Iduladha,” tutupnya. (MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait