Staf Ahli Buka Sosialisasi Perbup Nomor 14 Tahun 2023 Tentang Kerjasama Pemkab dan Media Massa

Staf Ahli Bupati Mura, Rahmad K. Tambunan saat menyampaikan sambutan di Aula Hotel Syariah Family Q, Jalan Jendral Sudirman, Kamis (6/6/2024).(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Bupati Murung Raya, Rahmat K. Tambunan membuka kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Murung Raya Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pedoman Kerjasama Publikasi Pemerintah Kabupaten Murung Raya dengan Media Massa.

Kegiatan itu dimotori oleh Sekretariat Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya yang dilaksanakan  di aula Hotel Family Q Jalan Jendral Sudirman Kota Puruk Cahu, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah wartawan media massa, baik cetak, elektronik dan online serta narasumber dari perwakilan bagian Hukum Setda Kabupaten Mura Noni Febri, Kadis Kominfo SP, Kabupaten Mura yang diwakili oleh Kabid PIKP, Henry Januardy serta Kepala KP2KP Puruk Cahu yang diwakili oleh Staf KP2KP Puruk Cahu, Dicky Sitepu.

Staf Ahli Bupati Mura, Rahmad K. Tambunan menyampaikan bahwa ada suatu tujuan untuk menjamin menjalin kemitraan harmonis antara media dengan Pemerintah, yaitu berupa suatu aturan yaitu Perbup Nomor 14 Tahun 2023 yang tujuannya adalah untuk menjamin kemitraan yang saling menghargai, menghormati dan mendukung tugas dan fungsi masing-masing pihak.

“Perbup ini juga sebagai pedoman kerjasama Pemda dengan media massa dalam menyebarluaskan informasi, promosi dan publikasi kepada masyarakat luas,” katanya.

Dalam paparan narasumber oleh Bagian Hukum Setda, Noni Febri menjelaskan terkait Perbup Nomor 14 Tahun 2023. Dasar terbentuknya Perbup nomor 14 tahun 2023 berdasarkan Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik dan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan petunjuk pelaksanaannya PP nomor 61 tahun 2010.

“Kemitraan media terdapat aturan yang dimana terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh mitra media massa, yang pertama menyampaikan surat permohonan kerjasama disertai dengan anggaran biaya yang ditandatangani oleh pimpinan media massa, yang ke dua ada akta pendirian perusahaan yang mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI, yang ketiga surat izin usaha perusahaan terdiri nomor induk perusahaan, tanda daftar perusahaan dan NPWP perusahaan dan seterusnya,” jelas Noni kepada peserta.

Sementara itu Kabid PIKP, Hendry Januardy dalam paparan singkatnya menyampaikan harapan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Murung Raya dengan mitra media massa nantinya mampu mengangkat Kabupaten Murung Raya menjadi lebih baik.

“Kegiatan ini merupakan upaya dalam menguatkan sinergitas dan Kolaborasi dengan mitra media massa, karena media adalah sebagai penyebarluasan informasi bagi publik memegang peranan penting, sehingga perlu dipastikan bahwa informasi tersebut diserap publik dan dipahami secara baik,”tuturnya.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait