Seruyan Siap Kembangkan TNTP

Wakil Bupati Seruyan HJ iswanti saat bercengkrama mengamati orang utan yang ada di habitat aslinya, kemarin.(Media Dayak/Fahrul)

Kuala Pembuang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kabupaten Seruyan siap mengembangkan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang terletak di wilayah setempat untuk menggenjot kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke daerah tersebut.

“Seruyan memiliki sekitar 48 persen wilayah TNTP dan hingga saat ini belum kita kembangkan. Kita akan berupaya maksimal untuk mewujudkan hal itu,” kata Wakil Bupati Seruyan Hj Iswanti SE MM saat melakukan kunjungan ke Camp Seluang Mas.

Iswanti mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui potensi TNTP dan kebutuhan yang harus dipenuhi agar TNTP dapat menjadi destinasi wisata handal.

Salah satu masalah yang harus digarap dengan serius, kata Iswanti, adalah akses jalan yang masih sulit untuk ditempuh karena akses menuju lokasi ini sendiri harus melalui jalan milik perusahaan.

“Kami akan segera melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait. Kami utamakan untuk segera menggarap masalah jalan yang memang jadi keinginan pihak Camp Seluang Mas,” ungkapnya.

Seperti diketahui Camp Seluang Mas dipenuhi puluhan Orang Utan. Lokasi ini sendiri menjadi pelepasliaran bagi satwa dilindungi tersebut. Selain hutannya asri, tempat ini juga memiliki luas yang memang dianggap layak untuk orang utan.

Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting membentang mulai dari sebelah utara Seruyan yang berbatasan dengan Kotawaringin Barat sampai dengan wilayah selatan berdekatan dengan Desa Perlu Kecamatan Seruyan Hilir.(Rul)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *