Pj Bupati Buka Bimtek Arkas dan PBD Tahun 2024

Pj Bupati Katingan Saiful foto bersama kepala Disdik setempat Feriso beserta jajarannya, usai membuka Bimtek Arkas dan PBD Tahun 2024, Senin (29/4/2024), di aula Disdik setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak 

Bacaan Lainnya
 
 Pj Bupati Katingan, Saiful  membuka bimbingan teknis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Arkas) dan penyusunan lembar Perencanaan Berbasis Data (PBD) Kabupaten Katingan tahun 2024, Senin pagi (29/4/2024), di aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Katingan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain kepala Disdik setempat, Feriso beserta jajarannya dan sejumlah nara sumber yang memaparkan materi kegiatan tersebut, juga diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Katingan.

Pj Bupati Katingan, Saiful dalam sambutannya mengatakan, Arkas adalah sistem yang disediakan Kemendikbud Ristek RI berbentuk aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat komputer milik satuan pendidikan. Sedangkan tujuannya adalah, untuk membantu satuan pendidikan dalam  melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggung jawaban dana Bantuan Operasional Sekolah Pendidikan  (BOSP).

“Kesimpulannya, Arkas adalah aplikasi  satuan pendidikan untuk perencanaan penatausahaan pelaporan dana BOSP yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” kata Saiful.

 
Adapun istilah dari PBD dimaksud, lanjutnya, merupakan bentuk pemamfaatan data pada platfon rapot pendidikan sebagai bentuk intervensi. Baik pada satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan maupun Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap mutu capaian pendidikannya. 
 
Selanjutnya, terkait dengan kegiatan ini, selain mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya, dirinya juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada kepala Disdik Kabupaten Katingan Feriso beserta jajarannya yang telah berinisiatif untuk menggelar bintek yang sangat berharga dan bermamfaat ini. 
Akhir dari sambutannya dirinya tidak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada para para peserta, yang telah memberikan pengabdiannya selama ini. Baik kepada bangsa dan negara maupun kepada masyarakat Kabupaten Katingan melalui SKB ini. “Baik yang sudah mengabdi selama 5 tahun maupun puluhan tahun kepada masyarakat Katingan,” ucap orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini. (Kas/Lsn)
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait