Peresmian PYCH Menjadi Harapan Baru Memajukan Papua

Oleh: Santika Sari Devi )*
Presiden Joko Widodo telah meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura. Keberadaan Gedung PYCH diyakini menjadi harapan baru untuk memajukan Papua.
Pemerintah saat ini terus menggenjot pembangunan Sumber Daya Manusia dan infrastruktur di berbagai daerah, tidak terkecuali di Papua. Untuk mencapai keberhasilan pembangunan di Bumi Cendrawasih, banyak ditemukan hambatan dan tantangan dalam pelaksanaannya di lapangan. Namun demikian, pemerintah di bawah pemerintahan Presiden Jokowi tetap mengedepankan program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.
Peningkatan pembangunan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo yaitu pembuatan jalan Trans Papua yang membentang sepanjang 3.462 kilometer. Kemudian, keberhasilan infrastruktur energi listrik PLN yang dapat dilihat dari meningkatnya rasio elektifikasi yang sebelumnya hanya sebesar 30,48 persen di tahun 2013, melesat hingga 94,55 persen dari target 100 persen pada tahun 2022.
Peningkatan ini dirasakan di daerah-daerah pedesaan di Papua. Terkait permasalahan tingkat kemiskinan di Provinsi Papua juga turut mengalami penurunan dan kualitas hidup rakyat mengalami peningkatan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021 besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) Provinsi Papua telah mencapai Rp235,34 Triliun.
Tak hanya jalan Trans Papua, Jokowi membangun dermaga serta melakukan revitalisasi pelabuhan lama guna memperkuat angkutan tol laut untuk memenuhi keterjangkauan kebutuhan bahan pokok murah. Termasuk pula revitalisasi berbagai bandar undara sebagai jembatan distribusi barang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.
Pembangunan infrastruktur lainnya yang saat ini menjadi sorotan adalah pembangunan PYCH atau “Silicon Valley” di Bumi Cendrawasih.
Selain di Jayapura, pemerintah juga berencana akan membangun Gedung PYCH di Manokwari Provinsi Papua Barat. Terkait hal tersebut, diketahui bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari telah menghibahkan lahan seluas 2 hektar kepada BIN untuk pembuatan Gedung PYCH di Manokwari.
Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo berharap gedung ini nantinya dapat menunjang segala kegiatan inspiratif, positif, dan menambah keterampilan guna percepat kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.
Pembuatan PYCH ini digagas oleh Kepala BIN, Budi Gunawan yang pastinya disambut antusias oleh pemuda-pemudi Papua. PYCH merupakan wadah yang dipercayakan Presiden Jokowi kepada Kepala BIN, Budi Gunawan untuk mendorong semua generasi muda Papua lebih giat bekerja dan menciptakan produk-produk unggulan UMKM. PYCH juga akan mewadahi berbagai talenta di Tanah Papua mulai dari petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Presiden Joko Widodo meyakini masa depan Papua dan masa depan Indonesia ada di PYCH.
Presiden Jokowi menyampaikan pembangunan PYCH merupakan ruang bagi pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat dalam rangka pengembangan teknologi, inovasi, maupun produk-produk lokal Papua guna menjadi motor penggerak dan memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.
Presiden Jokowi merasa bahwa pemerintah saat ini memiliki tugas besar menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata Papua, dan di sinilah nanti peran PYCH. Dan diharapkan dalam waktu cepat bisa dimanfaatkan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat.
Presiden Jokowi juga menuturkan masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan di Papua maupun Papua Barat. Menurut Presiden, Papua memiliki banyak peluang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Salah satu founder PYCH, George Saa meminta PYCH yang dipercayakan untuk menjadi salah satu pengelola Gedung ini. Sejumlah fasilitas yang dibangun di PYCH akan menjadi pondasi bagi lahirnya kreativitas dan ide-ide cemerlang dalam membangun Papua, diantaranya ruang co-working space, ruang pameran, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, ruangan produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, kuliner space, perpusatakaan, dan kesehatan.
Selain itu, PYCH juga dilengkapi dengan bangunan ruang asrama, internet berkecepatan 100 Mbps yang tersebar di seluruh gedung, CCTV, ruang kontrol, serta lahan parkir yang luas berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lansekap.
Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan pembangunan untuk rakyat Papua sehingga bisa merasakan keadilan yang merata. Langkah ini untuk memastikan percepatan pembangunan dilakukan sesuai dengan program yang telah disusun oleh Presiden Jokowi. Keberhasilan pembangunan di Papua bisa menjadi tolok ukur besarnya perhatian Pemerintah kepada masyarakat di Tanah Papua.
Salah satu Tokoh Pemuda yang tergabung dalam PYCH, Vitha Faidiban pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN, Budi Gunawan atas inisiasi dan dukungan pembangunan gedung PYCH tersebut. Ia menambahkan bahwa gedung ini merupakan gedung yang sangat luar biasa dan bisa membantu anak-anak muda Papua untuk berkreasi. Vitha juga berkomitmen pihaknya akan selalu memanfaatkan gedung ini untuk mengeluarkan gagasan-gagasan dalam membangun bangsa khususnya membangun Papua.
Selain menunjukkan komitmen Pemerintah untuk memajukan Papua, keberadaan PYCH diharapkan mampu mewadahi berbagai kreativitas generasi muda Papua yang akan meneruskan tonggak estafet pembangunan bangsa. Oleh sebab itu, keberadaan PYCH perlu mendapat apresiasi luas dari masyarakat luas agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

*) Penulis adalah pengamat ekonomi investasi dari Pertiwi Institute.

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait