Perencanaan Program Hendaknya Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Hj Nurul Ainy

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak

Anggota DPRD Kabuaten Barito Utara (Barut) Hj Nurul Ainy menyarankan kepada dinas atau badan di lingkup Pemkab Barito Utara dalam hal perencanaan program dan kegiatan agar dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Khusus untuk Dinas Kesehatan disarankan agar mempunyai bus kesehatan, mobil ambulan atau mobil puskesmas keliling, hal ini cukup penting mengingat letak geografis daerah ini cukup berjauhan dari daerah satu dengan daerah lainnya sehingga kalau tidak ada kendaraan saat ada masyarakat yang sakit maka dikhawatirkan akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dikatakannya, hal ini pernah ada kejadian karena tidak ada kendaraan dan tenaga medis yang kurang salah satu warga meninggal dunia karena penyakit asma atau sesak nafas yang dideritanya, sedangkan tenaga medis dan kendaraan susah didapatkan, sedangkan perjalanan menuju rumah sakit cukup jauh.

Hal ini tegas politisi PPP tentu saja menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan untuk menjamin kesehatan bagi semua masyarakat bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Ia juga menambahkan pada daerah-daerah maju, Dinas Kesehatan sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara modern dan salah satunya dengan pengadaan mobil seperti bus kesehatan, ambulance atau mobil puskesmas keliling lengkap dengan peralatan medisnya. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan tanggap darurat kesehatan bisa secepatnya dilakukan di tempat.

Selain itu juga, dalam penempatan tenaga kesehatan perlu dilakukan evaluasi dan koordinasi supaya terjadi pemerataan, bila perlu untuk menutupi kekosongan yang tidak bisa dipenuhi melalui formasi CPNS dan PTT (pusat dan provinsi) disarankan agar menganggarkan pengadaan tenaga kontrak. (lna)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *