Pemkab Tingkatkan Sidak

Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono saat menyampaikan sambutan pada peresmian Rumah Pintar Pemilu Kabupaten Seruyan, Rabu (26/12).(Dayak Pos/Fahrul)

Bacaan Lainnya

Kuala Pembuang, Media Dayak

         Mengantisipasi oknum aparatur sipil negara (ASN) menambah libur natal dan tahun baru , Pemerintah Kabupaten Seruyan akan meningkatkan pengawasan melalui inspeksi mendadak.

    “Jajaran Pemkab Seruyan akan melaksanakan inspeksi mendadak guna memastikan tingkat kedisiplinan pegawai dalam bekerja, terutama ketika pasca libur natal dan tahun baru,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Rabu (26/12) kemarin.

     Sekda mengatakan, inspeksi mendadak dilakukan secara rutin dan bergantian hingga akhir tahun yang tinggal menghitung hari. Tidak hanya dinas ataupun badan yang berada di Kuala Pembuang, namun pengawasan dilakukan secara menyeluruh hingga tingkat kecamatan.

   Tujuannya agar kinerja pegawai dapat terpantau dan membuat mereka bekerja secara optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya tidak ingin keperluan masyarakat menjadi terhambat, akibat adanya oknum ASN yang sengaja menambah waktu liburnya.

   “Seluruh ASN, baik yang berstatus pegawai negeri sipil maupun tenaga kontrak dilarang menambah libur, kecuali mengajukan cuti resmi ataupun dalam kondisi sakit sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja,” tegasnya.

    Jika ditemukan pegawai tidak disiplin yaitu menambah libur selama natal dan tahun baru, maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. Tindakan yang diberikan terhadap ASN yang melanggar ada beberapa tahapan, mulai dari pembinaan, peringatan hingga pemecatan.

  Namun pemberian sanksi dilakukan secara selektif, agar benar-benar adil dan sesuai aturan yang berlaku. Mereka yang melanggar tentu akan diperiksa oleh aparatur yang bertugas, guna memastikan dan mengetahui sejauh mana tingkatan pelanggaran yang dilakukan.

  “Kita mengimbau agar seluruh ASN di lingkungan pemerintah daerah ini taat dan disiplin dalam bekerja, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan ketidakdisiplinan pegawai,” terangnya.

  Kemudian, tambah Haryono, diperlukan kesadaran dari diri sendiri sebagai seorang abdi negara yang telah diambil sumpah atau janjinya untuk mengabdi sebagai pelayan masyarakat. Jajaran pimpinan pun kami peringatkan memberikan contoh yang baik dalam penegakkan disiplin.

  “Selain sebagai upaya meningkatkan disiplin pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan, kegiatan tersebut sekaligus kunjungan kerja untuk mengetahui kondisi di lapangan dan mengetahui apa saja yang menjadi kendala dan kekurangan untuk dibenahi,” tandasnya.(Rul/aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *