Rumah Pintar Pemilu Seruyan Diresmikan

Sekda Sruyan, Haryono foto bersama Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim dan sejumlah pimpinan forum koordinasi pemerintah daerah setelah peresmian Rumah Pintar Pemilu Seruyan, Rabu (26/12).(Dayak Pos/Fahrul)

Bacaan Lainnya

Kuala Pembuang, Media Dayak

   Dalam rangka mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan berdemokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seruyan meresmikan Rumah Pintar Pemilu, Rabu (26/12).

   Hadir dalam peresmian tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Haryono, Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan Erwin Purba, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan Ummar Zahid Bustomi dan sejumlah pimpinan forum koordinasi pemerintah daerah setempat.

    Dalam sambutannya, Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma’mun mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan upaya mengedukasi kepada pra pemilih, pemilih pemula dan masyarakat umum dalam pentingnya berdemokrasi memilih pemimpin daerah.

  “Di Rumah Pintar nanti akan berisi berbagai informasi terkait pemilu berupa buku dan riset-riset terkait Pemilu dan Pilkada. KPU punya keinginan kuat memiliki pusat kajian atau penelitian berkaitan dengan demokrasi di Seruyan,” katanya.

  Menurut Agus, pembuatan Rumah Pintar Pemilu bisa digunakan sebagai tempat di mana masyarakat datang untuk menjadi paham dan pintar mengenai politik, demokrasi dan apa itu hakikat Pemilu.

 Agus menilai, akhir-akhir ini masyarakat semakin menganggap Pemilu semakin tidak penting. Problem itu menurutnya harus dipikirkan bersama. Apalagi sinisme masyarakat terhadap Pemilu dan politik bisa berbahaya dalam memilih pemimpin yang tidak capable.            

 “Ini harus menjadi sarana masyarakat semakin sadar pentingnya Pemilu dan semangat dalam partisipasi pemilu,” ujarnya.

 Dengan adanya Rumah Pintar Pemilu, diharapkan kepada masyarakat, mahasiswa dan partai politik bisa menggunakan sarana ini untuk mencari informasi dan sumber kepemiluan yang ada di Indonesia. 

 “Rumah Pintar sendiri, sudah ada di 80 persen KPU tingkat provinsi seluruh Indonesia,” terangnya.

  Sementara, Sekda Seruyan Haryono menambahkan, dengan adanya fasilitas ini tentunya masyarakat dapat memanfaatkannya untuk menimba pengetahun lebih jauh tentang Pemilu. Selain itu juga nantinya output dari sarana dan prasarana ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

 “Kita berharap dengan ada Rumah Pintar Pemilu ini masyarakat dapat menimba ilmu tentang kepemiluan dan meningkatkan partisipasi dalam pemilu mendatang,” tandas Sekda.(Rul/aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *