Mantan Pejabat  Optimis Rungan Manuhing Jadi Kabupaten

Suprapto Sungan

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun,Media Dayak

Mantan pejabat eselon dua Pemkab(Pemerintah Kabupaten)Gunung Mas(Gumas),Suprapto Sungan,mengutarakan keoptimisannya,Rungan Manuhing bakal jadi Kabupaten.

“Dasar keoptimisan saya,karena itu sesuai keinginan masyarakat Rungan Manuhing,bukan hanya keinginan saya sendiri,” kata Suprapto dibincangi beberapa waktu di kantor Bupati Gumas.

Ketua panitia pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing itu pun bercerita terkait cita cita pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing,yang tidak muncul secara tiba tiba,namun sudah dimulai sejak tahun 2000.

“Dari semangat itulah akhirnya terbentuk Kabupaten Gunung Mas(Gumas) yang wilayah kerjanya mencakup Kecamatan Rungan dan Manuhing dengan Bupati dan Wakil Bupati pertamanya,Pak Djudae Anom dan Almarhum Pak Hambit Bintih sebagai Wakil Bupati,” ungkapnya.

Walau sudah terbentuk kabupaten Gumas,mantan camat Kurun itu mengaku semangat untuk membentuk Kabupaten Rungan Manuhing tetap bergelora,salah satunya dari mantan Bupati Gumas Almarhum Hambit Bintih.

“Beliau saat itu tanya ke saya,apa mungkin kita dapat mengusulkan Rungan Manuhing menjadi Kabupaten,
saya katakan kebeliau,mungkin pak,karena undang undang nomor 32 saat itu masih membuka ruang untuk menjadi sebuah Kabupaten dengan persyaratan yang harus dilengkapi sebagaimana persyaratan yang ditetapkan,” tutur Suprapto.

Pria yang pernah menjadi calon Wakil Bupati mendampingi Lohing Simon pada Pilkada Gumas 2018 lalu itupun  bertutur panjang lebar terkait semangat,upaya dan langkah langkah pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing dari mantan Bupati Gumas Almarhum Hambit Bintih,sejumlah tokoh masyarakat Rungan Manuhing dan masyarakat Rungan Manuhing sendiri yang menghendaki berdirinya Kabupaten Rungan Manuhing.

“Setelah Pilkada Gunung Mas tahun 2018,keinginan besar dari masyarakat Rungan Manuhing untuk terbentuknya Kabupaten Rungan Manuhing kembali menggelora.
Tujuannya untuk mempercepat pemerataan pembangunan supaya daerah Rungan Manuhing cepat maju dan meningkat kesejahteraan masyarakatnya,” kata dia.

Pemenuhan persyaratan pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing,ujarnya, saat ini sedang berproses,
salah satunya surat persetujuan  dari Gubernur Kalteng(Kalimantan Tengah) dan surat persetujuan dari komisi A DPRD Kalteng.

“Komisi A DPRD Kalteng dalam kunjungannya ke Kecamatan Rungan Manuhing menyatakan dukungannya terhadap pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing.Kalau dukungan dari Pak Gubernur, saya serta masyarakat Rungan Manuhing optimis,dengan kebijaksanaannya, Pak Gubernur  akan memberikan dukungan terhadap pembentukan Kabupaten Rungan Manuhing demi pemerataan pembangunan di Rungan Manuhing yang nantinya kedua wilayah itu menjadi wilayah yang semakin maju kala menjadi sebuah Kabupaten,” imbuhnya.

Setelah nantinya lebih dahulu menjadi Kabupaten persiapan  selama tiga tahun dan dinilai oleh Kemendagri,Suprapto optimis Rungan Manuhing menjadi Kabupaten definitif dengan potensi SDA(Sumber Daya Alam)yang dimilinya dan semangat dari masyarakat.

“Saya siap mengabdi untuk masyarakat Rungan Manuhing dan masyarakat kabupaten Gunung Mas,” tegasnya menutup.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *