Legislator Sambut Baik Harapan  Pj Bupati Agar  Agar Kecamatan dan Desa Bersih Lingkungan

Anggota DPRD Gumas Punding S.Merang. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Harapan Pj Bupati Gumas Herson B.Aden agar semua ibukota kecamatan dan desa di wilayah Gumas  bersih lingkungannya, disambut baik berbagai kalangan, termasuk legislator Punding S.Merang.

“Harapan Pak Pj Bupati itu tidak berlebihan ya, sebab lingkungan ibukota kecamatan dan desa yang bersih memberi manfaat positif bagi masyarakat,”ungkap Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas) Punding S.Merang Selasa (18/6/2014) melalui panggilan telepon.

Legislator Golkar sarat pengalaman itu membeberkan manfaat lingkungan yang bersih,yakni menghindari dari ancaman banjir dengan membuang sampah pada tempat pembuangan sampah, serta menjaga kebersihan drainase, selokan, parit dan got yang ada di lingkungan pemukiman warga.

“Lingkungan yang bersih dapat menghindari warga dari penyakit, seperti DBD, diare dan penyakit lainnya. Selanjutnya lingkungan yang bersih dapat memberikan ketenangan serta meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani,”kata Punding.

Wakil rakyat dapil II itu pun mengimbau camat, kepala desa dan lurah agar memberikan imbauan kepada warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kebersihan drainase, selokan, parit dan got yang ada di lingkungan.

“Warga kecamatan, desa dan kelurahan, buanglah sampah pada tempat sampah yang sudah ada demi terjaganya kebersihan lingkungan. Biasakan dengan pola hidup bersih dan sehat supaya lingkungan bersih,” imbuh Punding.

Diwartakan,Pj Bupati Gumas Herson B.Aden terjun langsung memimpin kerja bakti membersihkan Taman Kota Kuala Kurun, Selasa (18/6) pagi.

Herson didampingi Sekda Richard, asisten, staf ahli bupati, kepala perangkat daerah dan beberapa pejabat eselon III, Camat Kurun Iltem, anggota TNI/Satpol PP dan sejumlah pegawai lingkup pemkab.

“Kegiatan bersih-bersih ini dalam rangka kita mewujudkan lingkungan yang bersih. Saya berharap semua ibukota kecamatan dan desa di Gunung Mas lingkungannya bersih. Kebersihan untuk kesehatan,”ujar Herson kepada pewarta selepas kegiatan.

Dia mengatakan, lingkungan yang bersih terwujud melalui pola hidup bersih dan sehat dari masyarakat. Dengan pola hidup bersih dan sehat dapat mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan.

“Lingkungan yang bersih harus dijaga sembari juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Mari semua masyarakat Gunung Mas kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan yang bersih,”tuturnya.

Herson menyampaikan, kerja bakti yang dilakukan pada saat cuti bersama dengan membersihkan drainase, got dan selokan yang kotorannya bisa menyumbat aliran air menuju jalur Sungai Kahayan, sehingga air menjadi lancar dan tidak menyebabkan banjir kala hujan.

“Sampah-sampah tadi juga kita bersihkan dan kita kumpulkan ke tempat pembuangan sampah. Kegiatan semacam ini perlu terus digalakkan di seluruh wilayah Gunung Mas untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,”kata Herson. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait