KPU Kobar Siap Menyelenggarakan Pilkada Serentak

Launching Peluncuran Pilkada, di Pangkalan Bun Park, Kotawaringin Barat, Senin (03/06/2024) (Media Dayak/RD)

Pangkalan Bun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Antusias ribuan masyarakat menyaksikan launching Pilkada di Pangkalan Bun Park, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Senin (03/06/ 2024).

Acara yang diselenggarakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar berjalan lancar. Walaupun sebelumnya hujan mengguyur Kota Pangkalan Bun yang berangsur-angsur kembali reda sehingga acara dapat terlaksana sampai selesai.

Dalam laporannya Ketua KPU Kobar Chaidir menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga terselenggaranya kegiatan peluncuran pilkada 2024. Walaupun cuaca tidak mendukung namun acara dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Acara ini sebagai penanda dimulainya rangkaian kontestasi pilkada. Walaupun kita sudah menjalankan sebagian tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Kobar. Pada malam ini resmi kita mulai sehingga 27 November 2024 nanti akan dilaksanakan pencoblosan,” kata Chaidir.

Kemudian Chaidir menjelaskan terkait kesiapan pihaknya dalam menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2024. Dan juga beberapa tahapan yang sudah dilaksanakan.

“Di tahap awal kami sudah melaksanakan koordinasi terkait persiapan-persiapan. Dan juga melakukan rekruitmen AdHoc baik itu PPK dan PPS. Kalau ditanya apakah kami sudah siap melaksanakan Pilkada? tentu jawabannya sangat siap,” ungkap Chaidir.

Menurutnya, kesiapan itu karena regulasinya sudah ada dan pendanaan serta sumber daya manusia juga sudah siap. Selain itu PPK dan PPS sudah dibentuk beberapa hari yang lalu sampai dengan pencocokan data pemilih (coklit) untuk Pilkada khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pada tanggal (5/6) nanti akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Dalam hal ini pihaknya sangat optimis bahwa setiap proses tahapan akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

“Tentu kami sangat berharap dukungan semua pihak, baik itu Pemerintah Daerah, Kepolisian, TNI dan semua lapisan dan komponen masyarakat Kobar. Apabila kita bersinergi melaksanakan setiap tahapan saya yakin dan sangat optimis penyelenggaraan Pilkada Kobar akan berjalan dengan baik aman dan lancar,” harapnya.

Dia jelaskan demi suksesnya proses demokrasi dalam penyelenggaraan Pilkada di Kobar agar jujur, adil dan aman. Maka Ia mengharapkan kepada Calon atau Kontestan tanpa ada politik uang, tekan-menekan dan kompromi yang dilarang. Begitu juga agar masyarakat Kobar tidak acuh tak acuh terhadap tahapan dan penyelenggaraan Pilkada ini.

“Mari kita berkomitmen untuk sama-sama menjaga Pemilihan Kepala Daerah dapat berjalan baik dan lancar,” pungkas Ketua KPU Kobar Chaidir. (Rd/Lsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait