KPU Kobar Rekrut Pantarlih untuk Pilkada 2024 Pada 13-17 Juni

Komisioner KPU Kobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Isnawiyah di ruang kerjanya, Kantor KPU Kobar, Jumat (8/6/2024) .(Media Dayak/RD)

Pangkalan Bun, Media Dayak
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat sebelum memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2024. Dalam persiapan ini akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang dimulai tanggal 13 – 17 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Adapun persyaratan untuk menjadi Pantarlih :
1. Surat pendaftaran.
2. Daftar riwayat hidup.
3. Fotocopy KTP elektronik.
4. Fotocopy ijazah.
5. Pasfoto ukuran 4×6.
6. Surat kesehatan.
7. Surat keterangan tidak pernah atau tidak sedang menjadi peserta partai politik.

Komisioner KPU Kobar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Isnawiyah menjelaskan lebih detail terkait syarat surat kesehatan dan surat keterangan bukan anggota partai politik.

“Calon pendaftar dengan surat kesehatannya, agar dalam menjalankan tugasnya nanti diperkirakan tidak mengakibatkan penyakit berat. Bagi yang pernah menjadi anggota partai politik, boleh tapi sudah 5 tahun mengundurkan diri atau tidak aktif lagi di parpol,” ujar Isnawiyah, Sabtu (8/6/2024).

Kemudian dia menjelaskan nama-nama yang lolos sebagai Pantarlih akan diumumkan pada 21 – 23 Juni 2024.

“Penetapan anggota akan dilakukan pada 23 Juni 2024, dan pelantikan dilaksanakan sehari setelahnya, yaitu pada 24 Juni 2024,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Isnawiyah mengatakan bahwa bagi masyarakat yang berminat mendaftar sebagai Pantarlih dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Kalteng dan Kabupaten Kobar 2024.

“Jadi persyaratan untuk mengikuti rekrutmen Pantarlih sama seperti proses rekrutmen pada Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden yang lalu,” pungkasnya. (Rd/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait