KPU Kobar Gelar Orientasi Tugas dan Bimtek 

Foto Bersama Saat Upacara Pembukaan Gelar Orientasi Tugas dan Bimtek, di Halaman Sport Center, Kobar Selasa (11/06/2024). (Media Dayak/Media Dayak)
 
Pangkalan Bun,Media Dayak 
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Orientasi Tugas dan Bimbingan Teknis kepada Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) selama tiga hari. Kegiatan orientasi tugas badan Adhoc yang digelar ini, pertama kali diadakan di Kalimantan Tengah yang  melibatkan TNI AD Kodim 1014 sebagai pembimbing.
 
“Selain dibekali pengetahuan kepemiluan, para Anggota PPK dan PPS juga mengikuti latihan fisik. Hal ini penting karena pelaksanaan Pilkada memerlukan energi yang luar biasa, sehingga kesiapan fisik akan membantu mereka dalam menjalankan tugas tanpa merasa terbebani,” ungkap Ketua KPU Kobar Chaidir pada Selasa, (11/06/ 2024).
 
Chaidir menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng). Dan juga Bupati & Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2024.
 
“Untuk mensukseskan Pilkada ini, kita perlu membangun soliditas dan kekompakan penyelenggara. Hal ini penting agar kita dapat menghindari tekanan dan ajakan dari para calon yang bisa mengancam netralitas kita,” kata Chaidir.
 
Lebih lanjut, Chaidir menekankan bahwa Anggota PPK dan PPS memiliki tugas berat, yaitu membentuk pemerintahan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.
 
“Dalam menjalankan tugas yang dilindungi oleh Undang-Undang, baik Undang-Undang Dasar maupun Undang-Undang penyelenggaraan Pilkada, kita harus kuat dan tidak mudah terpengaruh. Netralitas harus dijaga agar kita bisa melaksanakan tugas sesuai amanah, sumpah, dan janji kita,” tegas Chaidir.
 
Kerjasama dengan Kodim 1014 Pangkalan Bun dalam pelaksanaan Orientasi dan Bimtek ini untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.
 
“Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan tujuan yang sama dan kekompakan di antara para PPK dan PPS, sehingga loyalitas terhadap kelembagaan dan negara harus kuat untuk mensukseskan Pilkada 2024,” jelasnya. 
 
Hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Budi Santosa, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kobar siap mendukung dan menyiapkan anggaran untuk kelancaran Pilkada. Ia menyampaikan bahwa persiapan di Kobar sudah berjalan dengan baik, dan berharap agar pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung lancar.
 
“Kami bertugas untuk mendukung, termasuk dalam hal anggaran. Kami siap mendukung jalannya Pilkada Kobar. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif mengawasi pelaksanaan pilkada agar sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Budi Santosa.
 
Sementara itu, Dandim 1014/Pbn Letkol Arm Yoga Permana saat memberikan arahan kepada para peserta orientasi tugas dan bimbingan teknis PPK dan PPS dalam melaksanakan tugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat harus terselenggara dengan jujur, aman, kondusif, serta terkendali.
 
“Kita semua sudah punya pengalaman pada Pilpres dan Pileg 2024 kemarin, jadikan itu referensi,” ungkap Letkol Arm Yoga Permana di Sport Center Pangkalan Bun.
 
Dandim menyampaikan, kepada semua petugas PPK dan PPS nantinya harus bisa menegakkan nilai dasar organisasi dengan profesionalisme, kemandirian, dan integritas, serta menjaga kekompakan dan transparansi.
 
“Para peserta yang mengikuti orientasi disini harus memahami segala regulasi pemilihan dan menjalankan tugas dengan dedikasi tinggi untuk kesuksesan Pilkada di Kotawaringin Barat, Komitmen kami TNI untuk tetap berada di jalur netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.
 
“Netralitas TNI adalah landasan utama dalam mendukung pelaksanaan Pilkada yang bersih dan demokratis,” pungkas. Dandim.
(Rd/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait