Ketua DPRD Siap Bertarung di Pilkada 2024

Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto S Sos M AP, saat menyerahkan dokumen yang menyatakan bahwa dirinya positif mendaftar bacalon Bupati Katingan priode 2024-2029 pada pilkada 2024 nanti di PDIP yang diterima langsung oleh ketua DPC PDIP Kabupaten Katingan Sakariyas, Jum’at pagi (17/5) di sekretariat DPC PDIP setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Meskipun baru mendaftar sebagai bakal calon Bupati (bacabup) Kabupaten Katingan untuk proode 2024-2029 di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Katingan, Jum’at pagi (17/5) kemaren di sekretariat PDIP cabang Kabupaten Katingan, namun Marwan Susanto yang kini masih menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan menyatakan siap bertarung di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) nanti. “Jika lolos atau atas seizin partai untuk menjadi calon Bupati Katingan di Pilkada 2024 nanti, saya selalu siap bertarung,” kata Marwan Susanto yang diungkapkannya kepada sejumlah awak media, usai mendaftar sebagai bacabup Kabupaten Katingan di PDIP, Jum’at pagi (17/5).

Selain atas seizin partai, dirinya juga berharap adanya kepercayaan dari seluruh masyarakat Katingan untuk menjalankan amanah guna mengelola Kabupaten Katingan yang luasnya sekitar 20 ribu kilometer persegi dengan panjang sungai 650 kilometer ini. “Baik dari Sumber Daya Alam (SDA) maupun untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia  (SDM),” kata Marwan. 

Khusus yang bersumber dari SDA, baik di sektor HPH, perkebunan, pertambangan, pariwisata, UMKM maupun terhadap pelaku ekonomi lainnya, dirinya berjanji akan bersungguh-sungguh untuk memanejnya sebaik mungkin. Begitu pula dengan peningkatan SDM selalu kita perhatikan. “Karena, soal pendidikan Pemkab Katingan sudah memiliki Perda Wajib Belajar (Wajar), yang mewajibkan seluruh masyarakat Katingan untuk mengenyam pendidikan,” terangnya.

Disamping itu, lanjutnya, dari sisi kesehatan di Kabupaten Katingan ini juga merupakan hal yang terpenting untuk ditingkatkan, utamanya dari porsi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Artinya, bukan hanya dari sisi infrastrukturnya saja, tapi juga dari sisi penambahan alat kesehatan (alkes) nya, penambahan tenaga kesehatan, termasuk dokter spesialis lainnya, dan lain sebagainya. Dengan lengkapnya alkes dan dokter spesialis di daerah, kita dapat memberikan pelayanan kesehatan yang benar-benar prima. “Karena, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Jika tubuh kita dalam keadaan sehat, maka bekerja pun akan lebih bersemangat,” ujarnya.

Yang tak kalah pentingnya juga menurutnya, adalah soal infrastruktur jalan, yang juga merupakan salah satu kebutuhan vital untuk menjalankan roda pemerintahan di daerah, termasuk di daerah Kabupaten Katingan. “Oleh karena itu, jika saya terpilih nanti persoalan infrastruktur jalan tetap menjadi prioritas. Sehingga, seluruh masyarakat kita di Katingan, dari utara hingga ke selatan dapat menjalankan aktivitasnya dengan lancar, serta dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” pungkas legislator dari PDIP ini. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait