Kepala Bapeddalitbang Provinsi Kalteng Membuka Seminar Paskah Nasional 2024, Yang Dihadiri Ratusan Umat Kristiani Se-Indonesia

Kepala Bapeddalitbang Provinsi Kalteng Leonard S Ampung mewakili Gubernur Kalteng membuka seminar paskah Nasional di Gedung Tambun Bungai Palangka Raya, Kamis (24/4/2024). (Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak 

Bacaan Lainnya

Ratusan umat Kristiani menghadiri Seminar Perayaan Paskah Nasional 2024 yang digelar di Gedung Pertemuan Umum Tambun  Bungai Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (24/4/2024). 

Pantauan di lokasi, perayaan tampak berlangsung khidmat dan semarak dengan pergelaran tarian seni budaya Kalteng.

Gubernur Kalteng yang diwakili Kepala Bapeddalitbang Provinsi Kalteng Leonard S Ampung mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalteng tentunya menyambut baik kegiatan tersebut, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Perayaan Paskah Nasional 2024.

“Apalagi materi yang akan disampaikan dalam seminar ini sangat bagus, mengenai penguatan keyakinan dan iman umat Kristiani dalam menghadapi tantangan bangsa saat ini, mulai dari globalisasi, digitalisasi, partisipasi pembangunan, hingga merajut persatuan,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Seminar Pimpinan Gereja Nasional Tahun 2024 di Kota Cantik Palangka Raya, Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila, Provinsi Kalimantan Tengah, Tanah Berkah untuk Indonesia.

“Kemajuan masyarakat, daerah, bangsa, dan negara perlu kontribusi dari seluruh elemen bangsa, termasuk tentunya umat Kristiani. Kita semua memiliki peran dalam pembangunan untuk bersama-sama membangun kemajuan daerah, ketahanan sosial ekonomi masyarakat, membangun sumber daya manusia yang berkualitas unggul, serta membangun moral bangsa. Sinergi dan kolaborasi kita menjadi faktor kunci keberhasilan pembangunan,” katanya.

Leonard menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalteng terus berupaya mendorong percepatan pembangunan di Kalteng, terutama di sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi secara luas, serta hilirisasi, dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Selanjutnya, sebagai fondasi utama pembangunan, dalam kesempatan ini, saya mengajak kita semua, untuk bersama-sama terus menjaga kerukunan dan toleransi antarumat beragama, sehingga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Paskah Nasional 2024 Pdt Maruba Rajaguguk mengatakan, Perayaan Paskah Nasional yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya ini merupakan atas kesepakatan bersama.

“Kita sangat berterima kasih untuk kesatuan hati bapak-bapak gereja kita di Indonesia untuk mulai bergandengan tangan bisa melayani dalam pelayanan bersama dalam Paskah tahun 2024 di Palangka Raya. Hari ini Tuhan sedang membawa kita, gereja Tuhan di Indonesia untuk kita melihat satu kepentingan yang lebih besar yaitu kebersamaan kita dan persatuan kita akan mendatangkan berkat,” ucapnya.

“Saya berterima kasih dan bangga karena Palangka Raya menjadi tuan rumah dari pelaksanaan Paskah Nasional 2024,” pungkas Pdt Maruba. 

Seminar Paskah tersebut di hadiri semua pimpinan aras gereja se-Indonesia yang tergabung dalam Fukri, dari KWI, dari PBI, PGPI, PGLII, GMAHK, PGIW, Bimas Kristen Prov Kalteng, utusan pendeta/hamba Tuhan sekitar 600 orang se-Indoensia,   Kepala Kemenag Provinsi Kalteng Dr H Noor Fahmi MM, Ketua FKUB Provinsi Kalteng Prof Dr H Bulkani beserta jajarannya, Kepala Kemenag Kota Palangka Raya H Nur Widiantoro, tokoh Kalteng Rahmat Nasution Hamka serta ratusan peserta seminar pewakilan se-Indonesia.

Warga dan peserta Paskah serbu UMKM Palangka Raya 

Selain menggelar seminar dihadiri utusan pendeta/hamba Tuhan sekitar 600 orang se-Indoensia, panitia juga menggelar Bazar UMKM tempat di samping gedung Tambun Bungai. UMKM menjual berbagai jenis kuliner, kerajinan tangan hingga obat-obatan tradisional Dayak.

Kehadiran UMKM tersebut itu tidak sia-sia warga dan peserta seminar yang langsung menyerbu tempat itu.
Sementara itu juga tampak juga tim gabungan Polda Kalteng, Polresta, Satpol PP Kota dan Provinsi, Dishub Kota dan Provinsi  dan Ormas Fordayak dan Gerdayak tampak hadir mengamankan jalannya kegiatan.(Ist/Ytm/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait