Kecamatan Manuhing Raya Siap Dukung Pelaksanaan UPR Membangun Desa

TIM dari LPPM UPR berfoto bersama dalam Kegiatan Sosialisasi UPR Membangun Desa yang dilaksanakan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Kepada Masyarakat UPR, di aula pertemuan Kelurahan Tehang, Rabu (11/05/2022). (Media Dayak/Limson)

 Tehang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah beserta masyarakat kecamatan Manuhing Raya kabupaten Gunung Mas (Gumas) sangat mendukung kegiatan Universitas Palangka Raya (UPR) Membangun Desa di wilayah setempat.

Camat Manuhing Raya Siswanton,SPd.MM mengatakan, seluruh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama beserta pemerintah kecamatan Manuhing Raya kabupaten Gumas sangat mendukung pelaksanaan kegiatan UPR membangun desa, apabila nantinya dilaksanakan di wilayah kecamatan setempat, karena kegiatan tersebut tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Manuhing Raya.

“Selaku Camat, beserta masyarakat saya sangat mengapresiasi dan gembira, karena UPR merencanakan kegiatan program tersebut di wilayah Manuhing Raya,”ungkap Camat Siswanton SPd.MM, dalam paparannya disela kegiatan Sosialisasi UPR Membangun Desa yang dilaksanakan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Kepada Masyarakat UPR, di aula pertemuan Kelurahan Tehang, Rabu (11/05/2022).

Diakui Camat Siswanton, kecamatan Manuhing Raya yang merupakan daerah paling barat di Kebupaten Gumas dan desa paling ujung di Das Manuhing kondisi sarana infrastruktur jalan, dan telekomunikasi serta jaringan listrik hingga saat ini masih sangat terbatas atau belum ada. Namun meskipun demikian Pemerintah beserta masyarakat kecamatan Manuhing Raya terus berupaya untuk terus berbenah sehingga bisa berkembang dan maju seperti daerah kecamatan lainnnya di Kabupaten Gumas.

“Oleh sebab itu, dengan rencana Kehadiran UPR membangun Desa di Wilayah Kecamatan Manuhing Raya, bisa semakin mempercepat proses pembangunan dan kemajuan di wilayah setempat,”kata Camat Siswanton SPd.M, lagi.

Ditambahkan Siswanton SPd.M, kegiatan UPR membangun Desa ini, nantinya akan berdampak bagi masyarakat, karena dalam pelaksanaan banyak hal yang bisa dilakukan, dengan kehadiran UPR dan mahasiswa sehingga bisa berkolaborasi dalam mengembangkan potensi masyarakat diberbagai bidang, temasuk dalam sektor pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Kepala Pusat KKN LPPM UPR Dr.Miar,SE, M.Si, dalam sambutannya, kegiatan UPR membangunan Desa ini, merupakan implementasi melaksanakan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dijelaskan, Dr.Miar, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di UPR sendiri yang dilaksanakan setiap tahun diikuti sebanyak  3.500 mahasiwa dari 8 fakultas yang ada dan ditempatkan di desa-desa di Kalteng.

Dengan kehadiran mahasiswa KKN di desa diharapkan dapat melaksanakan pengabdian langsung kepada masyarakat untuk berkontribusi bagi kemajuan dan perkembangan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang-bidang lain.

“Kolaborasi antara desa dan akademisi diharapkan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam masyarakat desa, termasuk pengembangan ketahan pangan, masalah stunting, pendidikan, UMKM, produk lokal, pertanian, peternakan, perkebunan serta potensi-potensi lainnya yang  bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat desa,”tambah Dr, Miar.

Ditempat yang sama, Kepala Pusat Desa Dan Ekonomi Pedesaan LPPM UPR Yorgen Kaharap Nahan, M.Si dalam paparannya mengungkapkan, program UPR membangun Desa bertujuan meningkatkan  pemahaman mengenai pembangunan desa  di kalangan genesai muda, serta turut berperan dalam  mengakselerasi pembangunan desa kedepan.

Selain itu, memperkuat sumber daya manusia yang memahami dan terampil memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi dalam pembangunan desa, ujar Yorgen Kaharap Nahan,M.Si.

Menurut Yorgen Kaharap Nahan,M.Si, program UPR membangun Desa  ini dalam rangka meningkatkan ekonomi desa, sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera dan mandiri dalam berbagai bidang.

 

 

Peserta kegiatan Sosialisasi UPR Membangun Desa yang dilaksanakan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Kepada Masyarakat UPR, di aula pertemuan Kelurahan Tehang, Rabu (11/05/2022). (Media Dayak/Limson)

 

“Kolaborasi antara akademisi dan masyarakat desa bisa mengembangkan berbagai potensi desa yang ada, termasuk, produk-produk unggulan desa, ketahan pangan, pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya,” kata Yorgen Kaharap Nahan,M.Si.

kegiatan Sosialisasi UPR Membangun Desa yang dilaksanakan Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPM) UPR, di aula pertemuan Kelurahan Tehang, dihadiri juga Tim LPPM UPR antara lain, Sub Koordinator Bagian Prodatin, John  Hamprey Ngindra, SP, Kepala Pusat Kajian Tanaman Obat Dan Pangan Tradisioanal LPPM UPR Dr.dr Nawan, M.Ked, Trop, Dosen Fakultas Hukum UPR Dr Kiki Kristanto, SH.MH, Sub Koordinator Bagian Umum LPPM UPR Susmiaty, SE, Pengadmistrasi Umum LPPM UPR Srimumpung,S.Hut,M.Si, dan Pengelola Data Pegabdian Kepada Masyarakat LPPM UPR Nidya,A.Md.

Hadir pula, Lurah Kelurahan Teha Andi Lala, dan seluruh kepala desa se-kecamatan Manuhing Raya, Damang Kepala Adat Kecamatan Manuhing Raya Drs.Budi Taruy, tokoh masyarakat, Mantir Adat, anggota Parpol dan masyarakat Kelurahan Tehang. (Lsn)

 

 

Facebook Comments Box
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.