Kecamatan Dusun Timur Mulai Dampingi Musrenbangdes pada 16 Desa  

MUSRENBANGDES – Kegiatan Musrenbangdes di Desa Mangkarap yang dihadiri oleh Camat Dusun Timur Nina Marissa, Rabu (07/09/2022) (TL/Media Dayak)

 

Bacaan Lainnya

Tamiang Layang, Media Dayak

Pemerintah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito melakukan pendampingan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa atau Musrenbangdes rencana kerja pemerintah desa atau RKPDes tahun anggaran 2023 di 16 desa yang dimulai pada Desa Jaar dan Mangkarap, Rabum (07/09) kemarin.

Camat Dusun Timur, Nina Marissa yang diwawancarai sebelum acara Musrenbangdes menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan penganggaran yang bersumber dari dana desa atau DD maupun alokasi dana desa atau ADD tahun anggaran 2023.

“Meskipun kita belum ada acuan dari pemerintah pusat terkait penggunaan DD maupun ADD, namun dengan Musrenbangdes ini kita bisa mempersiapkan segala sesuatu terkait rencana penggunaan anggaran tersebut,”katanya.

Karena banyak kegiatan di desa yang tertunda selama pandemi covid-19 dari tahun 2020, maka Nina mengarahkan pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang tertunda tersebut.

“Dan kita juga harus melihat skala prioritas dari kegiatan yang akan dilakukan serta LKPDes (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Desa) tahun-tahun sebelumnya yang belum terlaksana namun menjadi prioritas,”imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Jaar, Arponi, saat dihubungi mengatakan kegiatan Musrenbangdes di desa yang dipimpinnya membahas rencana kerja untuk tahun anggaran 2023.

“Yang sangat menonjol adalah usulan masyarakat untuk penanganan sawah seluas kurang lebih 200 hektare berupa pembangunan saluran irigasi.  Musrenbangdes juga tetap mengacu kepada RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) yakni rencana pembangunan taman desa tahun 2023,”jelasnya.

Sementara, Kepala Desa Mangkarap menyebut Musrenbangdes di desa tersebut salah satunya menetapkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes  untuk tahun 2023.

“Kalau rencana kegiatan yang menjadi prioritas yaitu perbaikan di bidang kesehatan dan pendidikan,”ungkapnya.

Untuk bidang kesehatan berupa rehabilitasi ringan bangunan Polindes serta pembangunan pagar Posyandu. Kemudian untuk bidang pendidikan berupa pembuatan permainan anak untuk PAUD dan TK. (TL/RHF)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait