Serahkan Mini Excavator ke Dinas PUPR Perkim, BPKAD Harap Tingkatkan PAD Barito Timur  

PENYERAHAN – Penyerahan kunci Mini Hydraulic Excavator CAT 305.5E2 oleh perwakilan Trakindo kepada Kepala BPKAD Barito Timur Misnohartaku dengan disaksikan oleh Kepala Dinas PUPR Perkim Yumail J Paladuk, Kamis, 8 September 2022. (TL/Media Dayak)

Tamiang Layang, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Barito Timur (Bartim), Misnohartaku, mewakili Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas, menyerahkan pengelolaan sebuah Mini Hydraulic Excavator CAT 305.5E2 kepada Dinas PUPR Perkim, Kamis (08/09).

Penyerahan tersebut berbarengan dengan pengiriman excavator tersebut dari Trakindo sebagai dealer tunggal Caterpillar.

“Pesan Pak Bupati agar alat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pelaksanaan proyek di Barito Timur,” ata Misno mengulangi ucapan Bupati yang berhalangan hadir.

Dia juga berharap, alat yang menjadi aset daerah dan pengadaannya melalui BPKAD dengan nilai Rp 820 juta itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD Barito Timur.

“Misalkan ada keperluan dari SKPD atau pihak ketiga bisa bisa disewakan dengan mengacu kepada perda (peraturan daerah) pajak dan retribusi daerah. Jika berdampak positif bagi peningkatan PAD maka ke depan akan diupayakan untuk pengadaan alat-alat berat yang lain lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Perkim Yumail J Paladuk menjelaskan bahwa alat tersebut selain digunakan oleh Dinas PUPR Perkim, juga akan disewakan kepada masyarakat umum. “Tarif sewanya sedang kita susun untuk menentukan berapa tarif per jamnya. Masyarakat yang ingin menyewa dapat mengajukan permohonan, kemudian dibuatkan perjanjian sewa,” jelasnya.

Yumail menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas penyediaan alat tersebut karena sangat dibutuhkan serta berpotensi untuk meningkatkan PAD. “Nanti kan ada ada target PAD dari aset kekayaan daerah ini, jadi akan menunjang peningkatan PAD,”tandasnya. (TL/RHF) 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait