Jaya; Integrasikan Pembangunan dengan Terukur

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Ny Mimie Mariatie Jaya S Monong. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong mengingatkan perangkat daerah untuk mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

“Dengan demikian diiharapkan penyelenggaraan pembangunan tahun 2024 akan lebih fokus, menyeluruh dan terintegrasi berdasarkan dana dan informasi yang akuntabel,” kata Jaya, Kamis (30/3).

Ia menegaskan percuma perencanaan dirumuskan sedemikian rupa namun tidak mampu dilaksanakan. Kedepankan integratif dan inovatif.

Selanjutnya Jaya menjelaskan target capaian kerja makro dan kunci tahun 2024, yakni laju pertumbuhan ekonomi paling sedikit 7 persen, tingkat kemiskinan tidak lebih dari 3,8 persen, dan indeks gini sebesar tidak lebih dari 0,24 persen.

Indeks pembangunan manusia paling sedikit 71,99 persen, pendapatan per kapita paling sedikit 11,6 juta per kapita per tahun, dan angka stunting diturunkan hingga tidak lebih dari 13,95 persen.

“Pendanaan pembangunan tahun 2024 diperuntukan untuk sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian dalam arti luas, kegiatan keagamaan dan sektor lainnya pada kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Disisi lain bupati mengakui adanya program pembangunan yang berhasil dalam kepemimpinan mereka [Jaya-Efrensia], dan ada pula program pembangunan yang keberhasilannya tertunda. Masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

“Kalau ada masyarakat yang puas dan yang tidak puas terhadap program pembangunan yang ada, kami hargai hal itu. Kami bukanlah alat pemuas,” ujar Jaya.

Menurutnya, mereka ingin berbuat semaksimal mungkin untuk kemajuan Gumas. Mereka ingin terus berjuang bersama mewujudkan Gumas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait