Jaya Ingatkan OPD Maksimalkan Program Kerja yang Telah Disusun

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong mengingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas untuk memaksimalkan program kerja tahun anggaran 2024 yang sudah ditetapkan.

“Hal ini [memaksimalkan program kerja] penting ya, untuk memaksimalkan serapan anggaran, dan memastikan program pembangunan berjalan tepat sasaran,” kata Jaya, Senin (29/1).

Jaya menegaskan, dirinya akan memantau setiap perkembangan kerja di setiap OPD. Melakukan pemantauan finishing terhadap pelaksanaan program pembangunan yang dilakukan, dan evaluasi pembangunan yang dilakukan OPD.

“Saya akan lakukan pemantauan finishing, monitoring dan evaluasi pembangunan. Saya ingin ngecek yang sudah dilakukan OPD selama kepemimpinan saya bersama ibu Efrensia dari pertengahan tahun 2019,” tutur Jaya.

Pemantauan finishing, monitoring dan evaluasi pembangunan yang dilakukannya, menurut Jaya, seperti di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan dan jembatan, pertanian, peternakan, perkebunan, dan sektor lainnya yang bersentuhan dengan kemaslahatan masyarakat. 

“Saya ingin ngecek apakah program pembangunan yang dilakukan OPD, apakah sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Karena program pembangunan yang disusun itu harus bisa memberi manfaat untuk kepentingan masyarakat,” kata Jaya.

“Sedang berjalan [pemantauan finishing, monitoring dan evaluasi pembangunan], seperti yang sudah saya lakukan di sektor infrastruktur jalan dan jembatan, dilanjutkan di sektor pendidikan, kesehatan dan sektor lainnya,” tambahnya.

Jaya mengaku, selain pemantauan finishing, monitoring dan evaluasi pembangunan, dirinya juga memberikan sosialisasi ke masyarakat terkait program pembangunan yang sudah dilakukan, seperti program smart agro, smart human resources dan smart tourism, serta mendengarkan masukan dan harapan dari masyarakat terhadap pembangunan Gumas kedepan.

Perlu diketahui,  masa jabatan Bupati Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati (Wabup) Efrensia LP Umbing akan berakhir 28 Mei 2024. Keduanya dilantik Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang 28 Mei 2019.

Jaya-Efrens mengusung visi Terwujudnya Kabupaten Gumas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera dan Mandiri. 

Sedangkan Misi, Meningkatkan dan Mempercepat Pembangunan Instruktur Wilayah Secara Adil dan Proporsional.

Meningkatkan Kualitas Pembangunan Sumber Daya Manusia. Meningkatkan Saya Saing Ekonomi Wilayah. Mempercepat Reformasi Birokrasi. Penegakan dan Jaminan Kepastian Hukum.

Mengembangkan Nilai-nilai Budaya dan Kearifan Lokal. Pembangunan Berkelanjutan, serta Memelihara dan Meningkatkan Keharmonisan Antar Masyarakat dalam Kerangka NKRI. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait