Herson Buka Pasar Murah dan Serahkan Sapi

Beras dan minyak goreng bersubsidi yang dijual di pasar murah (atas). Pj Gumas Herson B.Aden (kanan) didampingi Katma F. Dirun (dua dari kanan) menyerahkan secara simbolis  hewan kurban Sapi untuk Idul Adha 1445 Hijriah di Halaman Masjid Agung Darun Najah, Selasa (11/6). (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas) Herson B.Aden membuka kegiatan Pasar Murah serta penyerahan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah di Halaman Masjid Agung Darun Najah Jalan Letjen Soeprapto Kuala Kurun,Selasa (11/6).

“Pasar murah dan penyerahan hewan kurban ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalteng pada moment menjelang hari raya keagamaan yakni Hari Raya  Idul Adha 1445 Hijriah,”ujar Herson pada sambutannya.

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak gubernur [H.Sugianto Sabran] atas terselenggaranya kegiatan ini di wilayah Gunung Mas,”imbuh dia.

Herson menuturkan, pasar murah bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ada pada saat ini,terutama masyarakat kurang mampu dimana harga-harga kebutuhan bahan pokok khususnya beras mengalami kenaikan.

“Pasar murah ini memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu untuk membeli kebutuhan pokok berupa beras dengan harga lebih murah dari pada harga di pasar karena adanya subsidi dari Pemprov Kalteng,”kata Herson.

Herson menandaskan, dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat merasakan bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak inflasi.

“Pasar murah dan hewan kurban Sapi dengan sasaran masyarakat yang benar-benar layak menerima sehingga dapat memenuhi sasaran yang diinginkan,”ujarnya.

Lebih jauh Herson mengatakan,kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah, yaitu beras dan minyak goreng yang merupakan bantuan/program dari Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran dan  disalurkan untuk 9 kecamatan di Gumas.

“Kegiatan pasar murah sebelumnya sudah dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Tewah, Sepang dan Manuhing. Untuk Kecamatan Tewah beras sebanyak 20 ton, Sepang 20 ton dan di Kelurahan Tumbang Talaken 10 ton. Total jumlah bantuan beras dari pak gubernur untuk Kabupaten Gunung Mas sekitar 100 ton,” terang Herson.

Sambung Herson, untuk hewan kurban Sapi dari pemprov sebanyak 9 disalurkan ke 9 Masjid di Gumas. Pemkab Gumas juga sudah menyediakan tambahan Sapi sebanyak 26 ekor yang nantinya akan diserahkan ke wilayah-wilayah lainnya di Gumas.

Mewakili Gubernur Kalteng, Kepala Badan Kesbangpol Kalteng, Katma F. Dirun menyampaikan jumlah total keseluruhan paket yang dibagikan sebanyak 5.000 paket, terdiri dari beras 50 ton dan minyak goreng 5.000 liter.

Harga paket yang dibagikan sebesar Rp 192.500. Subsidi dari pemprov sebesar Rp 172.500, sehingga masyarakat hanya perlu membayar sebesar Rp 20.000 per paket yakni beras 10 kg dan minyak goreng 1 liter.

Turut hadir, unsur forkopimda, Ketua DPRD Gumas Akeman Sahidar, kepala perangkat daerah, beberapa pejabat eselon III /camat, beberapa pejabat Pemprov Kalteng, perwakilan tokoh agama/masyarakat dan undangan lainnya. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait