Gumas Ikuti 8 Cabang FBIM, Optimis Dulang Medali Emas

Wabup Efrensia L.P Umbing menyerahkan  lambang daerah kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Hansli Gonak pada pelepasan kontingen Gumas untuk mengikuti FBIM tingkat Provinsi Kalteng di Halaman Kantor Bupati, Jumat (17/5). (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas) Efrensia L.P Umbing melepas kontingen Gumas untuk mengikuti Festifal Budaya Isen Mulang (FBIM) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Halaman Kantor Bupati, Jumat (17/5).

Pada event FBIM yang merupakan event tahunan dalam memperingati hari jadi Provindi Kalteng ke-67 (23 Mei 1957-23 Mei 2024), Gumas mengikuti 8 cabang mata lomba, yakni lomba karnaval budaya, tari daerah, kategori putra/putri karungut, jukung tradisional, habayang, balogo,lawang sakepeng dan pemilihan jagau dan nyai Kalteng.

“Dari delapan cabang mata lomba yang diikuti, kita optimis minimal bisa meraih 7 medali emas.Itu bisa dicapai dengan sportivitas dan semangat pantang penyerah serta menjaga kekompakan,” kata Efrens selepas kegiatan.

Ia berharap kontingen Gumas selama mengikuti kegiatan diberikan oleh Tuhan kesehatan, kekuatan dan kemampuan sehingga dapat mendulang medali emas dan mengharumkan nama Gumas.

“Yang menjadi unggulan kita dari delapan cabang mata lomba itu yakni karungut,habayang,dayung,dan lawang sakepeng. Untuk pemilihan jagau dan nyai Kalteng kita berharap bisa meraih medali.Ya kita harus optimis, kita harus punya mimpi yang tinggi, dan diatas semuanya itu biar kehendak Tuhan yang jadi, yang penting kita sudah berusaha dengan dengan sebaik-baiknya,” tutur Efrens didampingi Asisten III Setda Gumas Letus Guntur dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hansli Gonak.

Sebelumnya, membacakan sambutan Bupati Jaya Samaya Monong, Efrens mengatakan kegiatan FBIM sangat positif dalam memacu prestasi seniman dan olahragawan tradisional Gumas di tingkat provinsi, dengan harapan kontingan Gumas tahun ini bisa sekaligus menjadi duta untuk memperkenalkan kesenian dan budaya daerah Gumas.

“Saya berpesan kepada seluruh kontingan agar senantiasa menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung dan menjaga kekompakan sehingga dapat berlomba dengan baik guna mendapatkan prestasi terbaik,”kata Efrens.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Elkewirke yang juga ketua kontingen Gumas menyampaikan tujuan kegiatan untuk melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak Kalteng, dan memperkenalkan kearifan budaya lokal.

Sebagai wadah bagi seniman untuk dapat menampilkan kreatifitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi. Sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata kabupaten/kota di Kalteng, dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kalteng.

“Jumlah kontingen Kabupaten Gunung Mas yang mengikuti kegiatan ini  sebanyak 84 orang, terdiri dari panitia inti, koordinator seksi-seksi, pendamping lomba,pelatih lomba dan peserta lomba,” ujar Elke. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait