Wabup Efrens Tegas PBS Harus Buat Jalan Khusus

Wabup Gumas Efrensia L.P Umbing. (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kerusakan ruas jalan Provinsi Kalteng yang melewati wilayah Gunung Mas (Gumas) akibat truk-truk pengangkut batu bara dan tandan buah segar kelapa sawit/CPO mengundang perhatian Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P Umbing.

“Ya seyogyanya PBS tambang dan perkebunan dapat membuat jalan khusus untuk mengangkut hasil produksinya, tidak melewati jalan provinsi atau jalan umum,”kata Efren,Jumat (17/5).

“Jika tetap melewati jalan provinsi atau jalan umum, maka konsekuensinya tentu terjadi kerusakan jalan, dan ini tentu akan mengganggu masyarakat pengguna jalan umum bahkan sangat riskan terjadi kecelakaan,”imbuh Efrens melanjutkan.

Menurutnya,seyogyanya PBS di  Gumas membuat jalan khusus mengingat ruas jalan provinsi yang melintasi wilayah Gumas itu termasuk jalan kelas III dengan Muatan Sumbu Terberatnya (MST) 8 ton, lebar kendaraan 2,1 meter, panjang 9 meter dan tinggi 3,5 meter.

Sedangkan jalan khusus bagi truk pengangkut batu bara dan sawit, muatan MST nya lebih dari 10 ton, lebar kendaraan  2,5 meter, panjang 18 meter, dan tinggi 4,2 meter.

“Kalau jalan khusus tidak dibuat, dampaknya selain kerusakan jalan, terjadinya kemacetan dan antrian kendaraan serta kecelakaan. Pemda sudah menyediakan tata ruangnya,namun penanganannya bukan di kita [Pemda Gumas]. Biasanya konsorsium dari PBS yang menangani membuat jalan khusus,” kata Efrens.

Figur yang siap maju di pilkada Gumas bersama Bupati Jaya Sama Monong itu mengakui, dari dulu sejak zaman Gubernur Kalteng Agustin Terang Narang sudah direncanakan membangun konsorsium membuat jalan khusus untuk pengangkutan hasil produksi PBS.

“Saya tidak tahu juga kenapa rencana itu akhirnya tidak terealisasi, mungkin saja karena semuanya itu menyangkut orang banyak, dan juga terkait investasi yang harus berjalan, ya kita dukung saja,” ucap Efrens.

Ia menandaskan, memang butuh waktu untuk terwujudnya jalan khusus untuk truk pengangkut batu bara, sawit dan hasil kehutanan yang melewati ruas jalan provinsi melintasi wilayah Gumas. Kalau pun ruas jalan provinsi bisa berubah statusnya menjadi jalan nasional, maka semunya harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait