DPRD Berharap Pembangunan File Slab Bukit Rawi Segera Terealisasi

H. Jimin

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

  Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Jimin menegaskan, satu-satunya solusi untuk penanganan ruas jalan Bukit Rawi adalah dengan dibangunnya File Slab (jalan Layang). Pasalnya, walaupun dilakukan penimbunan maupun tambal sulam, jalan tersebut akan tetap rusak pada saat tergenang banjir pada musim hujan

“Keinginan saya sebagai komisi yang menangani pembahasan ruas jalan Bukit Rawi, jalan tersebut memang harus dibangun File Slab. Karena apabila ditimbunnterus atau jalan tersebut ditambal sulam, maka akan tetap hancur bila ditergenang banjir pada saat musim hujan tiba.” Ucap Jimin, kepada Media ini, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, pekan kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, lamandau dan Sukamara ini juga mengatakan, pemeliharaan jalan dengan cara meninggikan kadar aspal dengan tingkat ketebalan Rigid yang memadai, juga bisa menjadi solusi, namun hal tersebut tidak menjamin jalan akan bertaman lama, mengingat lapisan gambut sebagai penyangga jalan cukup tebal, dan timbunan tanah pada bagian atas gambut akan turun secara otomatis saat ruas jalan tersebut digenangi banjir.

“Solusi lain adalah penggunaan Rigid yang cukup tebal dalam pemeliharaan jalan Bukit Rawi. Tetapi hal tersebut pun tidak menjamin, mengingat lapisan gambut sebagai penyangga jalan cukup tebal, dan timbunan tanah pada bagian atas gambut akan turun secara otomatis saat ruas jalan tersebut digenangi banjir. Oleh karena itu hanya pembangunan File Slab satu-satunya cara agar masalah kerusakan jalan tersebut bisa terselesaikan.” Ujar Jimin.

Sekretaris Komisi D DPRD Kalteng, yang membidangi Infrasturktur dan ketenagakerjaan ini juga membeberkan, untuk penanganan dengan cara menambah ketebalan Rigid di ruas jalan Bukit Rawi, diperlukan biaya yang sangat besar dan berdasarkan hasil penelitian, ketebalan gambut yang menjadi penyangga bagian bawah jalan, mencapai 20 sentimeter dengan tingkat kelembapan tinggi.

“Berdasarkan thasil penelitian, gambut yang berada dibawah jalan tersebut ketebalannya mencapai 20 sentimeter dan sangat lembap, jadi untuk penanganan jalan dengan cara menebalkan Rigit, saya rasa akan percuma, bahkan untuk menggunakan Rigid tebal, diperlukan biaya yang sangat besar, jadi saran saya penanganan tuas jalan tersebut tetap harus dibangun File Slab dan kita berharap File Slab Bukit Rawi bisa segera terealisasi.” Pungkas Politisi dari Partai Demokrat Kalteng ini.(Nvd)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *