Diskominfosantik Kalteng Tandatangani Komitmen Bersama Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas dan Berkelanjutan

Jajaran DiskominfoSantik Provinsi Kalteng usai melakukan Penandatanganan Komitmen bersama terkait Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas dan Berkelanjutan Guna Mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang Andal, Efektif dan Efisien di The Stones Hotel-Legian, Autograph Collection, Denpasar, Bali, Kamis (11/07/2024)(Media Dayak/MMC Kalteng)

Denpasar, Media Dayak 

Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalteng turut serta melakukan Penandatanganan Komitmen bersama terkait Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas dan Berkelanjutan Guna Mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang Andal, Efektif dan Efisien yang merupakan rangkaian kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional yang digelar pada Hari Rabu-Kamis/ 10-11 Juli 2024, bertempat di The Stones Hotel-Legian, Autograph Collection, Denpasar, Bali, Kamis (11/07/2024).
 
Jajaran DiskominfoSantik Provinsi Kalteng yang hadir sebagai peserta yakni Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Statistik dan Sistem Informasi Charly L. Illem dan Pranata Komputer Ahli Madya Ari Gunadi Palilu.
 
Acara diawali dengan welcome speech oleh Kepala BPS Provinsi Bali Endang Retno Sri Subiyandani yang menyampaikan statistik yang berkualitas, tentunya dimulai dari proses yang juga berkualitas. Peran data dalam pembangunan meliputi perencanaan pembangunan sebagai dasar informasi dalam penyusunan rencana kebijakan pembangunan, pelaksanaan pembangunan sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan yang sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
 
Kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional saat ini diselenggarakan untuk memberikan awareness statistik pada tingkat pengambil kebijakan, merupakan wadah koordinasi dan kolaborasi dalam menjawab tantangan dan peluang penyelenggaraan statistik serta harapannya seluruh pihak dapat berpartisipasi aktif dan kegiatan ini dapat diagendakan rutin.
 
Deputi Bidang Metodologi Dan Informasi Statistik, BPS Imam Machdi dalam sambutannya menyampaikan beberapa tantangan pembangunan sistem statistik nasional dalam suatu ekosistem data meliputi kebutuhan data statistik semakin komplek, berkembangnya berbagai sumber data serta diperlukan pengelolaan data yang baik untuk meningkatkan kualitas data.
 
“Kolaborasi dalam Sistem Statistik Nasional atau SSN diarahkan untuk membangun kapasitas penyelenggara statistik, sumber data, dan literasi statistik dalam penyelenggaraan statistik dan perumusan kebijakan,” pungkasnya.
 
Rangkaian kegiatan Kolaborasi SSN 2024 yang diselenggarakan di Provinsi Bali mulai dari tanggal 10-11 Juli 2024 ini diantaranya adalah Diskusi Panel dengan beberapa sesi. Acara yang diinisiasi BPS RI diikuti oleh para Walidata Tingkat Daerah se-Indonesia.(MMC/YM/Aw)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait