Disbudparpora Seleksi Calon Anggota Paduan Suara Istana Merdeka GBN

H Arbaidi

Bacaan Lainnya

Muara Teweh,Media Dayak

               Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut) dalam waktu dekat akan mencari atau melaksanakan seleksi calon anggota paduan suara istana merdeka Gita Bahana Nusantara (GBN) dan seleksi vokal pra-festival pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019.

               Kadisbudparpora Barito Utara, H Arbaidi di Muara Teweh, Senin (4/2) mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan seleksi calon anggota paduan suara Istana Merdeka Gita Bahana Nusantara (GBN) dan seleksi vokal pra-festival pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019.

               “Kegiatan seleksi calon anggota paduan suara Istana Merdeka Gita Bahana Nusantara (GBN) dan seleksi vokal pra-festival pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019 ini rencananya akan digelar pada Minggu ke dua Pebruari 2019 akan datang,” kata H Arbaidi. 

Peserta katanya berasal dari pelajar baik SMP, SMA, SMK, MA dan perguruan tinggi yang ada di daerah ini. Dan setiap kecamatan juga ada mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi calon paduan suara GBN ini.

Kadisbudparpora Barut ini mengatakan, dalam seleksi ini nantinya para peserta akan membawa lagu-lagu adalah bagian dari kumpulan lagu wajib, lagu nasional dan lagu perjuangan. Para peserta yang memenangkan seleksi di tingkat Kabupaten Barito Utara ini akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalteng.

“Peserta GBN yang meraih juara di tingkat Kabupaten ini akan kita siapkan pembinaan dan dilakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahannya baik itu dari segi notasi-notasi, tangga nada serta lainnya. Diharapkan peserta dari Barito Utara ini nanti bisa dikirim ke tingkat nasional sebagai duta daerah dan membawa nama daerah dalam hal seni suara,” katanya.

Dalam seleksi GBN tahun 2019 ini jelasnya lagi, pihak Provinsi Kalimantan Tengah akan memantau dan melihat secara langsung kegiatan seleksi yang dilakukan Disbudparpora Kabupaten Barito Utara.

Sejak tahun 2007-2018 prestasi Kabupaten Barito Utara berkaitan dengan Duta Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka telah banyak membawa harum nama baik daerah Barito Utara. “Pada tahun 2007, 2009, 2013, 2015, 2016, 2017, dan pada tahun 2018, kita berhasil mengirimkan dua siswa terbaik Kabupaten Barito Utara, yakni Ananda Arief Ali Rachman sebagai GBN Tenor dan Keriyati sebagai GBN Alto,” jelasnya.

Dan pada event-event nasional kabupaten Barito Utara juga mendapat berprestasi gemilang yang membawa harum nama Kabupaten Barito utara, seperti meraih medali emas kategori paduan suara lagu daerah pada event festival paduan suara nasional di Universitas Negeri Jendral Sudirman Purwokerto.

Kemudian meraih penyaji unggulan II tingkat Nasional pada event festival lagu daerah nasional ke 35 di TMII Jakarta, dan bekerjasama dengan TP PKK Barito Utara meraih juara I paduan suara selama 4 (empat) tahun berturut turut sejak tahun 2015 ssampai dengan tahun 2018.(lna/aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *