Diminta Keseriusan Perangkat Daerah Terhadap Arsip

Peserta kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengawasan Kearsipan Internal dan Bimtek Aplikasi Srikandi Versi 3 saat mendengarkan paparan arsip dari pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gumas di Aula Bapperida, Senin (29/4). (Media Dayak/Novri JKH)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) diminta  komitmen dan keseriusannya untuk melakukan penanganan, penataan, pemeliharaan dan  penyusutan terhadap arsip yang telah tercipta sesuai dengan prosedur yang berlaku,dan ke depannya mempersiapkan Sumber Daya Kearsipan yang profesional dan berintegritas dalam menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal itu disampaikan Asisten I Setda Gumas Lurand membacakan sambutan Bupati Jaya Samaya Monong  membuka Sosialisasi Kebijakan Pengawasan Kearsipan Internal dan Bimtek Aplikasi Srikandi Versi 3 di Aula Bapperida, Senin (29/4).

“Diminta kepada seluruh perangkat daerah dapat menggunakan aplikasi persuratan secara online melalui Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), dan akan dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala oleh Tim Help Desk Srikandi Kabupaten Gunung Mas, sehingga tahun ini  diharapkan nilai hasil audit eksternal maupun internal kearsipan Kabupaten Gunung Mas baik di tingkat provinsi maupun tingkat pusat bisa lebih ditingkatkan lagi,” kata Lurand.

Dijelaskan Lurand, kegiatan ini baik dalam upaya meningkatkan sistem kinerja pemerintahan yang transparan, akuntabel dalam penyediaan informasi yang autentik dan terpercaya.

Terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset daerah, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Meningkatkan kesadaran semua elemen birokrasi Pemkab Gumas terhadap pengelolaan arsip yang sesuai dengan amanat UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Perda Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan Kabupaten Gumas.

“Kegiatan ini merupakan hal wajib dilaksanakan oleh lembaga kearsipan daerah terhadap pengelolaan kearsipan dalam upaya untuk membangun kesadaran semua elemen pemerintah terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya yang terkait dengan birokrasi pemerintah,” ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gumas Maria Efianti menyampaikan kegiatan yang berakhir Selasa (30/4) bertujuan untuk mendorong kesadaran bagi seluruh elemen perangkat daerah dalam meningkatkan pengelolaan arsipnya masing-masing dalam proses penyelenggaraan kearsipan birokrasi pemerintah yang baik, efektif, transparan dan akuntabel.

“Juga untuk menjamin terciptanya dan ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata Maria.

Turut hadir, lewat zoom meeting Deputi Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia  Desi Pratiwi sekaligus sebagai Narasumber, sejumlah pejabat eselon II dan III serta pegawai pengelola kearsipan dinas/badan lingkup Pemkab Gumas. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait