Dewan : Maksimalkan SDA Desa

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Wisman. (Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Wisman mendorong pemerintah daerah untuk memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah pedesaan.
 
Langkah ini dianggap penting untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat setempat. “Untuk itu Pemda diharapkan bekerja sama dengan pemerintahan desa untuk dapat menggali peluang pengembangan industri di tingkat desa,” ujarnya, Senin (24/6/2024)
 
Menurut Wisman masih banyak desa di Kalteng memiliki potensi SDA yang besar, namun belum dikelola dengan optimal. “Kami melihat bahwa desa-desa di Kalteng memiliki kekayaan alam yang luar biasa,” terangnya.
 
Oleh karena itu tambahnya menegaskan, kami mendorong agar potensi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kemakmuran masyarakat desa.
 
Dukungan yang dimaksudkan meliputi penyediaan infrastruktur yang memadai, pelatihan keterampilan bagi masyarakat, serta fasilitas pendukung lainnya. Pastinya peluang seperti ini harus bisa digali dan dikembangkan. 
 
“Langkah strategis seperti ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi perkembangan ekonomi daerah secara keseluruhan, sehingga kita harapkan bisa diimplementasikan,” terangnya.
 
Disisi lain, Wisman juga menyoroti pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam pemanfaatan SDA. Menurutnya, pengelolaan SDA harus dilakukan dengan prinsip keberlanjutan. “Hal itu dilakukan agar tidak merusak ekosistem dan tetap bisa diwariskan kepada generasi mendatang,” pungkasnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait