CJH Barut Jalani Tes Kebugaran

 

TES KEBUGARAN-Wabup, Sugianto Panala Putra didampingi Sekda Batara Jainal Abidin Dan Plt Kadis Kesehatan, H Siswandoyo, Minggu (27/1) pagi melepas tes kebugaran bagi 122 CJH Barito Utara.(Media Dayak:ist)

Bacaan Lainnya

Muara Teweh, Media Dayak

Sebanyak 122 oarang calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Barito Utara (Barut) mengikuti  tes kesehatan (tes kebugaran) tahap I, Minggu (27/1) kemarin. Tes kesehatan atau kebugaran bagi calon jamaah haji ini di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Tes kesehatan atau kebugaran ini salah satunya dengan berlari kecil sejauh 1,6 km. Tes kebugaran lari atau berjalan dengan jarak yang hampir sama dengan jarak tawaf dan sai sewaktu menjalankan ibadah haji nantinya. Selain itu mereka juga juga mengikuti senam kebugaran agar siap fisik menjelang keberangkatan hingga tiba.

Plt Kadis Kesehatan Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan, tes kebugaran calon jemaah haji, bertujuan untuk mengetahui status kebugaran calon jemaah haji sejak awal.

Berdasarkan pemeriksaan awal, sementara di kelompokkan menjadi tiga kelompok yakni kelompok sehat, sedang dan kelompok resiko tinggi.

Siswandoyo menambakan, test ini dimaksudkan juga untuk membina kesehatan calon jemaah haji, berlatih apabila ada yang ditemukan kurang bugar supaya tetap berolahraga dan saat menjalankan ritual haji di tanah suci tetap fit dan sehat.

“Dan apabila ada kelainan bisa juga petugas kesehatan haji dapat memberikan perhatian khusus,” katanya.

Sementara Wabup, Sugianto Panala Putra berharap, melalui cek kesehatan ini, CJH Barito Utara bisa selalu sehat walafiat baik dari berangkat hingga pulang kembali ke tanah air.

Menurut Wabup Sugianto Panala Putra, tes kebugaran bertujuan untuk menyiapkan fisik calon haji, agar sehat dan prima.”Sehingga pelaksanaan rukun Islam ke lima itu berjalan dengan baik, dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya.(lna)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *