Bupati Keluarkaan Surat Edaran Kesiapsiagaan Bencana

TINJAU BENCANA – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat meninjau kondisi banjir di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas beberapa waktu yang lalu.(Media Dayak/ hmskmf)

Kuala Kapuas, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada Camat se Kabupaten Kapuas. Surat Edaran Nomor 360/482/BPBD/2019  tertanggal 10 Januari 2019 perihal kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, angin puting beliung dan cuaca ekstrim.

Dalam surat tersebut dijelaskan hasil kajian resiko bencana dan peta rawan bencana Kabupaten Kapuas yang disusun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas yang difasilitasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, beberapa wilayah Kecamatan/Desa yang ada di Kabupaten Kapuas memiliki resiko tinggi terhadap bencana banjir, angin puting beliung dan cuaca ekstrim.

Lebih lanjut wilayah yang memiliki kerentanan tinggi terhadap banjir seperti Kecamatan Mandau Talawang, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Mantangai, Dadahup dan Kapuas Murung, sedangkan potensi bencana angin puting beliung terdapat hampir diseluruh wilayah pasang surut di Kabupaten Kapuas.

Berdasarkan perkiraan BMKG Provinsi Kalimantan Tengah bahwa sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Tengah telah memasuki musim penghujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai petir dan angin kencang  yang puncaknya terjadi pada Desember 2018 sampai dengan pertengahan Februari 2019.

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *