Waket DPRD  Binartha Sebut Tiwah Merupakan Pembangunan Kebudayaan Dan SDM 

Waket I DPRD Gumas Binartha bersama mantan Bupati/Wabup Gumas 2019-2024 Jaya S Monong dan Efrensia L.P Umbing saat menghadiri ritual Tiwah tabuh pertama di Desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing,Senin (8/7/2024) pagi. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Wakil Ketua (Waket) I DPRD Gunung Mas (Gumas) Binartha menyebutkan, kegiatan tiwah memang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan kebudayaan dan sumber daya manusia (SDM).

“Masyarakat khususnya umat Hindu Kaharingan sangat menghargai ritual tiwah. Kegiatan tiwah memang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan kebudayaan dan sumber daya manusia,” jelas Binartha.

 Binartha menyampaikan dirinya telah menghadiri acara keagamaan Hindu Kaharingan berupa ritual Tiwah tabuh pertama di Desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing,Senin (8/7/2024) pagi.

“Tabuh kedua dilaksanakan Rabu (10/7), dihadiri forkopimda. Saya atas nama warga masyarakat dapil dua mengucapkan terima kasih kepada tim anggaran BKAD serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah mengalokasikan dana untuk kegiatan tiwah tersebut,”kata Obin,sapaan akrabnya saat ditemui di kantor DPRD Gumas usai rapat paripurna DPRD, Senin (8/7/2024) siang.

Politikus Golkar itu juga melayangkan terima kasihnya kepada anggota DPRD dapil dua asal Partai Demokrat Cici Susilawati yang bersama-sama dirinya telah memberikan bantuan untuk kegiatan tiwah melalui pokok pikiran (pokir) mereka masing-masing.Okacara tiwah merupakan kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan yang bernilai sakral.

Ditambahkan Obin, ritual tiwah salah satu potensi wisata di Gumas yang perlu pertahankan dan dipromosikan dengan baik,karena memberikan dampak sosial ekonomi bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan tiwah kita harapkan dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke wilayah ini guna menyaksikan kegiatan yang dilaksanakan,”ucapnya.

Adapun anggota keluarga yang mengikuti tiwah menurut Obin sebanyak kurang lebih 40 orang, dihadiri masyarakat dari desa-desa di wilayah Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan Barat, Rungan dan Rungan Hulu bahkan dari luar Gumas. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait