Wagub Kalteng Ingatkan Purna Praja Berperan Aktif Cegah Makar

Habib Said Ismail

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail mengingatkan, purna praja yang bertugas dan mengabdi di provinsi setempat wajib berperan aktif membantu pemerintah daerah mencegah upaya makar dari pihak manapun.

Peringatan itu disampaikan Ismail usai mengukuhkan Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP IKAPTK) Kalteng masa bakti 2019-2022 di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng Palangka Raya, Rabu (23/1).

“Melalui ikatan kekeluargaan yang dimiliki alumni praja harapannya bisa membantu pemerintah menangkal isu-isu negatif yang bisa memecah belah rasa persaudaraan, kekeluargaan dan yang paling berbahaya adalah rasa kenegaraan,” tambahnya.

Menurut mantan anggota DPD RI periode 2014-2015 itu, upaya pencegahan ini salah satunya diwujudkan melalui keaktifan purna praja merespon informasi palsu yang beredar di masyarakat, yakni menanggapinya dengan memberikan penjelasan secara tepat dan benar.

Ismail mengatakan apabila itu dilaksanakan, informasi palsu atau hoaks yang sengaja dihembuskan oknum tidak bertanggung jawab, dapat dicegah sedini mungkin dan tidak membuat keresahan bagi masyarakat.

“Purna praja wajib meningkatkan kualitas dirinya pada setiap bidang, sehingga di era digitalisasi saat ini mampu mengikuti perkembangan zaman dan berkontribusi secara optimal bagi daerah,” tuturnya.

Dia pun meyakini, seluruh purna praja baik yang masih aktif sebagai pegawai negeri sipil ataupun tidak, mampu berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan, dikarenakan mereka memiliki kedisiplinan tinggi yang diperoleh selama masa pendidikan.

Sementara itu, Ketua DPP IKAPTK Kalteng Perdie M Yoseph mengatakan, pihaknya meyakini purna praja yang berada di Kalteng maupun di daerah lainnya, mampu berkontribusi secara nyata terhadap pembangunan di daerah.

“Bertahun-tahun kami menerima pendidikan tentang pemerintahan di lembaga kedinasan formal, setelah bertugas tentu akan bekerja secara maksimal membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga memperbaiki sistem pelayanan,” kata Perdie.

Pasca pelantikan dan pengukuhan ini DPP IKAPTK Kalteng siap mengarahkan seluruh kadernya mengabdi kepada masyarakat tanpa melihat perbedaan maupun dinamika politik.(Ant/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *